Strategi Personal Selling dalam Pemasaran Produk Asuransi Allianz pada Vision Corporation

Wijaya, Jason Enroe (2023) Strategi Personal Selling dalam Pemasaran Produk Asuransi Allianz pada Vision Corporation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

Risiko kehidupan merupakan salah satu ketidakpastian yang dapat muncul dan mengancam kehidupan setiap individu. Dalam mengantisipasi risiko kehidupan, setiap orang membutuhkan proteksi untuk melindungi diri mereka. Salah satu bentuk proteksi yang umum di dalam masyarakat adalah asuransi. Masing-masing layanan penyedia asuransi menawarkan beragam jenis asuransi untuk masyarakat melalui berbagai pendekatan komunikasi pemasaran. Salah satu aktivitas komunikasi pemasaran yang paling banyak dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa asuransi adalah personal selling. aktivitas personal selling dilakukan dengan melibatkan agen asuransi sebagai tenaga penjual dan penghubung antara perusahaan dengan calon nasabah. Pada umumnya, kegiatan personal selling dilakukan melalui komunikasi tatap muka langsung antara agen asuransi dengan calon nasabah, namun pandemi Covid-19 membuat sebagian besar aktivitas yang berlangsung secara luring beralih menjadi daring. Kegiatan pemasaran dan penjualan asuransi menjadi salah satu yang terdampak dan mengharuskan kegiatan tersebut dilakukan secara tatap muka daring yaitu melalui piranti tatap muka virtual. Melalui penelitian ini, peneliti ingin melakukan analisa terhadap proses komunikasi yang dapat dilakukan oleh seorang agen asuransi terhadap calon nasabah baik melalui komunikasi tatap muka langsung maupun tatap muka virtual. Peneliti menggunakan beberapa teori serta konsep yaitu, komunikasi pemasaran, personal selling, dan media richness theory untuk melihat perbandingan komunikasi diantara tatap muka langsung dengan virtual. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Peneliti akan melakukan wawancara mendalam dengan 4 narasumber yang merupakan tenaga pemasar asuransi dari PT Asuransi Allianz Life Indonesia yang tergabung dalam Vision Corporation.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Asuransi, Komunikasi Pemasaran, Personal Selling, Media Richness Theory
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:04
Last Modified: 13 May 2023 05:45
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23844

Actions (login required)

View Item View Item