Strategi Behavior Change Communication untuk Membentuk Perilaku Berdikari Pangan: Studi Kasus Program KEPAK di Kembangan Jakarta Barat

Angelina Gani, Patricia (2023) Strategi Behavior Change Communication untuk Membentuk Perilaku Berdikari Pangan: Studi Kasus Program KEPAK di Kembangan Jakarta Barat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (566kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia dihadapkan dengan banyak sekali tantangan seputar pangan seperti pertumbuhan penduduk dan produksi lokal yang melambat dan menjadikan wilayah-wilayah rentan terhadap ketahanan pangan. Dalam inovasi isu sosial, komunikasi menjadi komponen penting untuk berinteraksi dan mendorong perilaku positif. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memahami perilaku individu adalah strategi komunikasi perubahan perilaku. Sebagai salah satu LSM yang bergerak di bidang pangan, Food Bank of Indonesia berusaha memperkuat ketahanan pangan melalui program KEPAK (Kebun Pangan Komunitas) dan melibatkan strategi komunikasi dalam prosesnya serta membentuk perilaku berdikari pangan di area rukun tetangga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui implementasi strategi behaviour change communication dengan pendekatan yang ada. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan metode studi kasus dengan acuan konsep behavior change communication dengan c-planning process. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dokumen dan studi literatur. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber menurut Creswell & Creswell (2018). Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa implementasi strategi behaviour change communication Food Bank of Indonesia dalam program KEPAK adalah komunikasi interpersonal untuk mendapatkan insight dari warga & membangun hubungan. Pendekatan multimedia seperti teks, video, media analog, media digital seperti platform chat dan media sosial untuk mengekspresikan pesan dan monitoring. Serta pendekatan partisipatoris dengan memberi wewenang pada pemimpin untuk menggerakan partisipasi warga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Behaviour Change Communication, C-Planning Process, Pembentukan Perilaku
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.8342 Consumer Behavior
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:08
Last Modified: 15 Apr 2023 02:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23871

Actions (login required)

View Item View Item