Pengukuran Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: PT Permodalan Nasional Madani)

Indra Prasetya, Bagas (2023) Pengukuran Tingkat Kapabilitas Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus: PT Permodalan Nasional Madani). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (565kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membawa setiap perusahaan untuk memanfaatkan teknologi yang mereka miliki. Pemanfaatan teknologi informasi harus didukung tata kelola teknologi informasi yang baik. Untuk memastikan penerapan teknologi informasi sudah berjalan baik, maka perlu dilakukan audit pada perusahaan. Salah satu perusahaan dengan penerapan teknologi informasi adalah PT Permodalan Nasional Madani PT Permodalan Nasional Madani (PNM) adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa keuangan. Dalam menjalankan perusahaan PT permodalan Nasional Madani menggunakan sistem aplikasi PNM Digi dalam menjalankan perusahaan, tetapi sistem aplikasi tersebut terkadang mengalami kendala akibat PNM Digi masih baru dalam penggunaannya. Dengan permasalahan yang ada, maka PT Permodalan Nasional Madani perlu melakukan evaluasi terhadap tata kelola TI yang dimilikinya dengan melakukan audit teknologi informasi. Dalam melakukan audit dibutuhkan framework yaitu COBIT 5 untuk mengukur tingkat kapabilitas yang dimiliki oleh perusahaan. Audit ini dilakukan menggunakan tahapan audit teknologi informasi yang berfokus pada 4 hingga 5 proses COBIT 5 yang menjadi prioritas perbaikan. Tujuan dari audit ini adalah menganalisa prioritas perbaikan, menganalisa pengukuran kapabilitas, mengetahui tingkat kesenjangan, dan memberikan rekomendasi perbaikan bagi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan tergolong ke dalam metode kualitatif dengan mengkombinasikan COBIT 5 dengan tahapan audit teknologi informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari pelaksanaan audit ini akan berbentuk laporan hasil audit yang berisikan temuan, hasil pengukuran kapabilitas, dampak jika tidak diperbaiki, tingkat kesenjangan serta rekomendasi perbaikan sampai rekomendasi peningkatan level bagi PT Permodalan Nasional Madani.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Audit Teknologi Informasi, Capability Level, COBIT 5, PNM Digi, PT Permodalan Nasional Madani
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:09
Last Modified: 18 Jul 2023 02:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23872

Actions (login required)

View Item View Item