Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan

Falisca, Falisca (2023) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh ukuran perusahaan, kebijakan dividen, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan. Hal yang perlu dipertimbangkan oleh investor untuk menentukan keputusan investasinya adalah besaran uang yang perlu investor keluarkan untuk memperoleh sebuah saham apabila dibandingkan dengan nilai buku saham yang diinvestasikan tersebut atau disebut juga dengan nilai perusahaan. Nilai perusahaan sangat penting karena mencerminkan kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan, termasuk pandangan nilai perusahaan bagi pihak kreditur. Semakin tinggi/meningkat nilai perusahaan, maka investor akan beranggapan bahwa perusahaan memiliki kinerja yang baik, sehingga para investor akan tertarik untuk berinvestasi di perusahaan tersebut. Objek penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar dalam indeks sektor manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2020. Sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah sebanyak 24 perusahaan yang didasarkan pada metode purposive sampling dengan kriteria menerbitkan laporan keuangan tahunan per 31 Desember dan telah diaudit oleh auditor independen, menggunakan mata uang Rupiah, memperoleh laba dan membagikan dividen secara berturut-turut selama periode 2017-2020, dan tidak melakukan aksi korporasi selama periode 2017-2020. Tahapan metode pengujian data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) kebijakan dividen berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (3) profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, (4) leverage tidak memiliki berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dan (5) ukuran perusahaan, kebijakan dividen, profitabilitas, dan leverage secara simultan berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kebijakan dividen, leverage, nilai perusahaan, profitabilitas, ukuran perusahaan
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:09
Last Modified: 17 May 2023 05:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23878

Actions (login required)

View Item View Item