Analisis Pengaruh Hedonic Quality User Experience terhadap Brand Intimacy (Studi Kasus pada User Experience GoPay di Aplikasi Gojek)

Bernice, Tania (2023) Analisis Pengaruh Hedonic Quality User Experience terhadap Brand Intimacy (Studi Kasus pada User Experience GoPay di Aplikasi Gojek). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)

Abstract

Konsumen yang terlibat secara emosional dengan suatu brand tidak hanya membangun preferensi terhadap brand tersebut, tapi juga membawa keuntungan bisnis dan memungkinkan terbentuknya hubungan jangka panjang. Persepsi konsumen bahwa ia memiliki hubungan dekat dan bernilai dengan brand disebut brand intimacy dan dapat diukur dari berbagai medium. Penelitian ini akan fokus pada medium user experience, khususnya aspek hedonic quality dari user experience, dan bagaimana pengaruhnya terhadap brand intimacy. Pemilihan UX dilandasi pengaruh digitalisasi yang menguatkan peran user experience dalam keberhasilan sebuah produk digital. Selain itu, elemen UX yang variatif menuntut adanya pemilihan satu elemen agar penelitian lebih terfokus. Alhasil, hedonic quality dipilih karena mencakup aspek emosional yang dibutuhkan dalam membentuk hubungan jangka panjang dan dekat dengan users. Financial technology merupakan salah satu industri yang bergantung pada kualitas user experience dan salah satu produk fintech dengan tingkat awareness tinggi dan ramai pengguna di Indonesia adalah GoPay. Inilah mengapa penelitian berjudul "Analisis Pengaruh Hedonic Quality User Experience terhadap Brand Intimacy (Studi Kasus pada User Experience GoPay di Aplikasi Gojek)" dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei. Setelah survei dilakukan dengan 405 sampel pengguna GoPay, didapatkan bahwa variabel hedonic quality UX dan variabel brand intimacy berkorelasi sangat kuat dengan nilai Pearson Correlation 0,786. Kemudian ditemukan bahwa variabel hedonic quality UX memiliki pengaruh sebesar 61,9% terhadap variabel brand intimacy sedangkan 38,1% lainnya disebabkan oleh faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: brand intimacy, fintech, GoPay, hedonic quality, user experience
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:12
Last Modified: 15 Apr 2023 07:27
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23898

Actions (login required)

View Item View Item