Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Kinerja Modal Intelektual

Diva, Livia (2023) Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Kinerja Modal Intelektual. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (845kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kinerja modal intelektual merupakan suatu hal yang penting karena dapat menggambarkan kemampuan perusahaan dalam penciptaan nilai tambah dari sumber daya intelektual yang dimilkinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, umur perusahaan, dan profitabilitas terhadap kinerja modal intelektual. Dalam penelitian ini kinerja modal intelektual diukur dengan metode Value Added Intellectual Coefficient (VAIC), dan profitabilitas diukur dengan rasio Return on Equity (ROE). Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) berturut- turut selama tahun 2018-2021. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang diuji menggunakan metode regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 perusahaan manufaktur sektor consumer goods yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas dan ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual (2) umur perusahaan berpengaruh negative dan signifikan terhadap kinerja modal intelektual (3) kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja modal intelektual. Perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi dapat memaksimalkan kegiatan operasi perusahaan yang berguna untuk memperoleh keunggulan kompetitif. Sehingga perusahaan yang memiliki profitabilitas yang tinggi akan meningkatkan kinerja intellectual capital. Semakin besar ukuran suatu perusahaan, maka semakin banyak ketersediaan dana yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat diinvestasikan dalam meningkatkan modal intelektual. Ketersediaan dana yang lebih besar dalam pengelolaan modal intelektual akan menghasilkan kinerja modal intelektual lebih optimal.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, umur perusahaan, profitabilitas, kinerja modal intelektual
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.1511 Managerial Accounting
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:13
Last Modified: 17 May 2023 04:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23902

Actions (login required)

View Item View Item