Perancangan Permainan Kartu Mengenai Aksara Sunda untuk Siswa SMP di Bandung

Bella Ruth Mangape, Vita (2023) Perancangan Permainan Kartu Mengenai Aksara Sunda untuk Siswa SMP di Bandung. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Aksara Sunda adalah bentuk tulisan dari bahasa Sunda yang berasal dari Jawa Barat. Aksara Sunda telah lama digunakan oleh masyarakat Sunda semenjak abad ke-14 berupa aksara Sunda kuno. Pada saat ini, masyarakat telah menggunakan aksara Sunda baku yang berdasarkan aksara Sunda kuno. Namun seiring waktu masyarakat Sunda mulai mengabaikannya dikarenakan penggunaan huruf latin yang lebih sering pada kesehariannya. Pembelajaran aksara Sunda telah diwajibkan kepada seluruh satuan pendidikan. Pada tingkat SMP, media pembelajaran aksara Sunda masih belum efektif dalam segi jumlah dan visual yang menarik bagi siswa. Untuk itu penulis merancang sebuah permainan kartu menggunakan metode perancangan board game menurut Joe Slack (2017) dengan tujuan mengajarkan aksara Sunda kepada tingkat SMP melalui media interaktif permainan kartu.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Bella Ruth Mangape, Vita (00000031198)
Contributors: Mahatmi, Nadia
Keywords: Media interaktif, aksara Sunda , siswa SMP, media pembelajaran
Subjects: 700 Arts and Recreation
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23910

Actions (login required)

View Item View Item