Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT Gerindo Indahtama Sukses

Jonathan, Andrian (2023) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 pada PT Gerindo Indahtama Sukses. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (464kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

PT Gerindo Indahtama Sukses yang biasa disebut GIS adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pengecatan/finishing di bidang konstruksi khususnya konstruksi pembangunan gedung. Pengalaman dan keahlian selama bertahun-tahun dalam proyek-proyek besar membuat GIS tidak diragukan lagi dalam praktik di lapangan, tetapi kurangnya sistem tata kelola teknologi yang terintegrasi dengan baik menjadi kendala yang mengakibatkan muncul beberapa masalah- masalah yang dapat merugikan perusahaan seperti data yang tidak terbaca pada sistem departemen keuangan dan tidak adanya langkah kerja untuk mengatur pengembangan, pemeliharaan jaringan perusahaan dan pemahaman user terhadap SOP tata kelola yang berlaku. Dalam menyelesaikan permasalahan tersebut maka dilakukan evaluasi tata kelola TI dengan kerangka kerja COBIT 5 untuk mengukur dan menghasilkan tingkat kapabilitas dan solusi atas permasalahan yang ada. Penelitian pada tata kelola teknologi sistem informasi pada PT. GIS menggunakan 3 proses yaitu APO02- Manage Strategy, APO07 - Manage Human Resources, APO08 - Manage Relationships. Proses tersebut didapatkan dari pemetaan berdasarkan visi, misi serta permasalahan yang dihadapi perusahaan. Pengumpulan yang dilakukan melalui wawancara dengan narasumber yaitu: IT Manager, Head of Finance dan CEO PT. GIS. Studi Pustaka dilakukan mengenai COBIT 5 untuk menghasilkan tingkat kapabilitas sebagai pedoman dari rekomendasi. Hasil pengukuran dari evaluasi tata kelola dari PT.GIS mendapat hasil bahwa tingkat kapabilitas PT. GIS berada pada di level 1(Performed Proccess) dengan nilai rata -rata sebesar APO02 sebesar 74,02, APO07 sebesar 77,06 dan APO08 sebesar 83.30. Hasil dari nilai tersebut diberikan 10 rekomendasi untuk memperbaiki dan mengembangkan tata kelola di perusahaan. Perbaikan yang menjadi prioritas perbaikan dan pencegahan adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan melakukan pelatihan silang antar perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 5, Auditing, Capability level, teknologi informasi, Konstruksi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:16
Last Modified: 03 Aug 2023 07:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23919

Actions (login required)

View Item View Item