Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Kotlin dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android

Adrian Kurnia Wicaksono, R. (2023) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Pemrograman Kotlin dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (804kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kotlin merupakan statically-typed programming language yang dapat berjalan pada Java Virtual Machine (JVM) dan juga dapat dikompilasi ke JavaScript source code. Kotlin memberikan kelebihan yang dapat membantu developer seperti pemrograman Kotlin lebih ringkas dan lebih aman serta dapat mengurangi error dan bugs. Gamifikasi adalah sebuah tren di mana elemen-elemen permainan digunakan dalam konteks yang tidak biasa, seperti pendidikan, kesehatan, area sosial, dan pemasaran. Mengimplementasikan elemen game dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan pengguna dan memberikan dampak positif. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun aplikasi pembelajaran bahasa pemrograman Kotlin dengan menggunakan metode gamifikasi. Aplikasi dievaluasi dengan menggunakan Technology Acceptance Model dan survey dilakukan oleh 31 orang, berdasarkan hasil survey tersebut didapatkan hasil persentase dari Perceived Ease of Use sebesar 82,79%, hasil persentase Perceived Usefulness sebesar 80,38% dan hasil persentase rata-rata akhir semua kategori adalah 81,76%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan responden sangat setuju bahwa aplikasi ini mudah untuk digunakan dan bermanfaat untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Gamifikasi, Kotlin, Technology Acceptance Model
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:16
Last Modified: 21 Aug 2023 02:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23920

Actions (login required)

View Item View Item