Ezra Christianto, Ariel (2023) Kampanye #StopPlagiat pada Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Awareness Pelajar tentang Plagiarisme. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (854kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (997kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (141kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Plagiarisme telah menjadi suatu kasus yang menjadi kekhawatiran bersama khususnya ranah akademis. Kasus plagiarisme di tingkat pendidikan semangkin meningkat karena rendahnya kesadaran akan banyak hal yang menyangkut membaca, serta mengerti aturan dalam sebuah pengutipan yang baik dan benar. Ditambah dengan perkembangan teknologi yang pesat dan kemudahan dalam mengakses informasi membuat tindak plagiarisme semakin mudah dilakukan. Dalam kesempatan ini penulis ingin memanfaatkan penggunaan media sosial Instagram semaksimal mungkin untuk kegiatan kampanye #StopPlagiat agar target audiens terpapar dengan pembahasan tindak kejahatan akademis yaitu plagiarisme. Konsep utama yang menjadi landasan kampanye #StopPlagiat merupakan Social Media Campaign dan Digital Marketing Strategy oleh Simon Kingsnorth. Ditambah dengan konsep pendukung seperti Visual Communication oleh Davis & Jamer Hunt, Instagram, kampanye digital oleh Mashita & Bonit dan KPI atau Key Performance Indicator. Output dari karya ini merupakan konten @yukstopplagiat yang terdiri dari Instagram Feeds sebanyak 18 post, Instagram Story sebanyak 35 post dan Instagram Reels sebanyak 12 post. Selain itu, konten juga diunggah di Instagram @universitasmultimedianusantara dengan total empat post antara lain 3 Instagram feeds dan 1 Instagram Reels. Didapati hasil akhir bahwa kegiatan kampanye #StopPlagiat ini telah mencapai target yang ditetapkan walaupun dari fitur Instagram Story didapati hasil yang belum memuaskan karena kurangnya interaction yang didapat dari data Insights.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Instagram, Kampanye Digital, Media Sosial, Plagiarisme. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:20 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 07:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23948 |
Actions (login required)
View Item |