Sentimen Analisis RUU PDP pada Twitter Menggunakan Support Vector Machine

Faiz Ramdhani, Muhammad (2023) Sentimen Analisis RUU PDP pada Twitter Menggunakan Support Vector Machine. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (902kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RUU PDP atau Rancangan Undang Undang Perlindungan Data Pribadi masih menjadi perdebatan yang hangat dikalangan masyarakat indonesia dikarenakan kejelasannya yang masih tidak pasti. Banyaknya opini pro dan kontra yang diunggah oleh masyarakat Indonesia di berbagai platform sosial media khususnya pengguna Twitter menjadikan sosial media tersebut menjadi sumber yang tepat untuk mencari dataset. Perbedaan pendapat yang didapat dari twitter akan dibagi menjadi 3 kategori yaitu pendapat positif, netral, dan pendapat negatif dari pengguna Twitter tentang RUU PDP tersebut. Setelah dibagi menjadi 3 kategori, dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma klasifikasi Support Vector Machine. Dengan menggunakan confussion matrix sebagai pengukur performa pada klasifikasi dengan matrix, accuracy, precision, recall, f1-score. Didapatkan dengan perbandingan rasio data 70:30 memiliki akurasi tertinggi yaitu 90.07% dengan jabaran pada kelas netral, didapatkan hasil precision 96%, recall 82%, dan f1-score 89%. Untuk kelas negatif, mendapatkan hasil precision 86%, recall 94%, dan f1-score 90%. Dan untuk kelas positif, hasil yang didapat adalah precision 92%, recall 91%, dan f1-score 91%. Dari hasil yang didapatkan klasifikasi menggunakan algoritma SVM berhasil diimplementasikan dalam sentimen analisis RUU PDP pada platform media sosial Twitter.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Confussion Matrix, RUU PDP, Sentimen analisis, Support Vector Machine, Twitter
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:23
Last Modified: 23 Aug 2023 03:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23959

Actions (login required)

View Item View Item