Representasi Perempuan dalam Kampanye #mendobrakbias: Analisis Wacana Sara Mills pada Laman Mendobrak Bias di Magdalene.co (Edisi International Women's Day 2022)

Asafita Febriani, Gregoria (2023) Representasi Perempuan dalam Kampanye #mendobrakbias: Analisis Wacana Sara Mills pada Laman Mendobrak Bias di Magdalene.co (Edisi International Women's Day 2022). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (723kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Isu gender hingga saat ini masih menjadi masalah yang berkelanjutan. Adanya bias gender menjadi permasalahan yang cakupannya luas, tidak hanya ditemukan di Indonesia melainkan di setiap Negara juga memiliki permasalahan masing-masing terkait gender. Hal ini tentunya setiap negara terus memperjuangkan adanya kesetaraan gender tanpa adanya diskriminasi sehingga baik laki-laki maupun perempuan setara dan mendapat haknya masing-masing. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk menganalisis permasalahan gender tersebut yaitu bias gender pada konteks Indonesia yang berfokus pada media Magdalene.co sebagai media yang memaparkan isu gender dengan tujuan melihat representasi perempuan dalam wacana #mendobrakbias Pada Laman Mendobrak Bias Di Magdalene.co (Edisi International Women's Day 2022). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode Analisis Wacana Kritit (AWK) Sara Mills yang dilengkapi dengan wawancara. Hasil penelitian menemukan bahwa wacana #mendobrak bias pada laman di Magdalene.co, 6 artikel yang menarasikan isu bias gender pada 6 sektor tersebut cenderung merepresentasikan perempuan dengan stereotip namun perempuan direpresentasikan dengan citra yang positif. Dan Magdalene mewacanakan #mendobrakbias dengan 6 artikel bias gender, pesta perempuan dan news games pada laman mendobrakbias.magdalene.co.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mendobrak bias, Representasi perempuan, Magdalene, Bias gender, International Women's Day, Analisis Wacana Sara Mills
Subjects: 300 Social Sciences > 320 Political science > 327 International relations
900 History and Geography > 910 Geography and Travel > 912 Graphic Representations of Surface of Earth and of Extraterrestrial Worlds
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:27
Last Modified: 14 Jun 2023 02:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23984

Actions (login required)

View Item View Item