Lamba Rubak Allo, Gabriella (2023) Analisis Resepsi Khalayak terhadap Pemberitaan Isu K-Pop di Instagram @officialkvibes. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (993kB) |
Abstract
Penyebaran budaya K-Pop telah diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Munculnya berbagai media platform daring yang menyajikan pemberitaan isu K-Pop menjadi peluang bagi penggemar untuk mendapatkan berbagai informasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemaknaan khalayak terhadap pemberitaan di media daring Instagram @officialkvibes. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang dilakukan dengan metode wawancara mendalam (indepth interview) untuk mendapatkan informasi. Penelitian ini menggunakan teori Encoding/Decoding milik Stuart Hall dengan menempatkan pemaknaan informan pada tiga interpretasi yaitu Dominant-Hegemonic Position, Negotiated Position, dan Oppositional Position. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari kelima informan berada pada dua posisi penempatan khalayak yakni Dominant-Hegemonic Position dan Negotiated Position. Hasil penelitian tersebut didasari pada perbedaan resepsi khalayak yang didapat dari setiap informan dalam mendapatkan pesan yang diterima.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
|---|---|
| Creators: | Lamba Rubak Allo, Gabriella (00000033362) |
| Contributors: | Diah Kusumawati, Utami |
| Keywords: | Instagram, pemberitaan isu K-Pop , resepsi khalayak |
| Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing |
| Sustainable Development Goals: | Goal 16. Promote peaceful and inclusive societies for sustainable development, provide access to justice for all and build effective, accountable and inclusive institutions at all levels Goal 04. Ensure inclusive and equitable quality education and promote lifelong learning Goal 08. Promote sustained, inclusive and sustainable economic growth, full and productive employment and work for all |
| Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
| Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:28 |
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
