Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Capital Intensity terhadap Penghindaran Pajak

Andhika Pratama, Julian (2023) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Likuiditas, dan Capital Intensity terhadap Penghindaran Pajak. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, likuiditas, dan capital intensity terhadap penghindaran pajak yang diproksikan cash effective tax rate (CETR). Faktor-faktor yang dapat memengaruhi CETR penting diketahui perusahaan agar dapat melakukan strategi perencanaan pajak yang tepat. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder, yang diolah menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 perusahaan pertambangan sub sektor tambang batubara yang terdaftar di BEI secara berturut-turut selama periode 2017-2020 dan mengeluarkan laporan keuangan yang telah diaudit, menyajikan laporan keuangan dalam mata uang US Dollar dan ber-tahun buku Januari-Desember, memiliki laba sebelu, pajak yang bernilai positif, serta memiliki nilai CETR <1 selama periode 2017-2020. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas yang diproksikan dengan ROA memiliki pengaruh negatif terhadap CETR, (2) leverage yang diproksikan dengan DER memiliki pengaruh negatif terhadap CETR, (3) likuiditas yang diproksikan dengan CR memiliki pengaruh negatif terhadap CETR, (4) capital intensity memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap CETR, dan profitabilitas, leverage, likuiditas, dan capital intensity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap CETR.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: capital intensity ratio, cash effective tax rate, leverage, likuiditas, profitabilitas.
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.152 Management of Investment, Capitalization
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:29
Last Modified: 16 May 2023 06:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/23991

Actions (login required)

View Item View Item