Komunikasi Interpersonal Korban Toxic Relationship (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal Perempuan Dewasa Muda Korban Toxic Relationship dengan Teori Dramaturgi)

Danicha, Erlin (2023) Komunikasi Interpersonal Korban Toxic Relationship (Studi Fenomenologi Komunikasi Interpersonal Perempuan Dewasa Muda Korban Toxic Relationship dengan Teori Dramaturgi). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (960kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (78kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

Toxic relationship beberapa tahun terakhir mendapat cukup banyak atensi, hubungan romantis yang seharusnya dipenuhi dengan kasih sayang dan cinta, justru membuat seseorang menjadi sebaliknya, terkekang dan bahkan mendapat kekerasan baik secara fisik maupun mental. Menurut Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan pada 2021 mencatat bahwa sebanyak 1.309 terjadi kekerasan dalam berpacaran. Jumlah ini bahkan melampaui jauh dari tahun 2020 sebanyak 264 kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal perempuan dewasa muda korban toxic relationship dengan pendekatan dramaturgi. Teori dan Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori dramaturgi, konsep komunikasi interpersonal, toxic relationship dan konsep hubungan romantis. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan informan menjalankan hubungan dengan pasangannya karena adanya rasa ketergantungan dan manipulasi yang diberikan pelaku kepada korban agar tidak saling meninggalkan. Korban menjalankan panggung depannya sebagai pasangan yang penurut dan sabar. Panggung belakang yang dirasakan korban ketika sedang bersama teman-temannya dan ketika tidak bersama pelaku, sehingga korban merasa aman dan tidak ada rasa takut akan adanya pertengkaran dengan pelaku yang berakhir pada tindak kekerasan. Kekerasan yang dilakukan pelaku kepada ketiga informan berupa kekerasan emosional, kekerasan fisik dan kekerasan seksual.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi interpersonal, toxic relationship, dramaturgi Erving Goffman
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:30
Last Modified: 17 Apr 2023 03:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24000

Actions (login required)

View Item View Item