Hananto, Miskia (2022) Pengaruh Big Five Personality Traits (OCEAN) terhadap Investment Decision pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (815kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (480kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (416kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (229kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pandemik COVID-19 telah mengubah aspek-aspek kehidupan masyarakat, terutama bidang perekonomian. Di samping penurunan kegiatan perekonomian, kegiatan investasi justru terus mengalami peningkatan yang signifikan selama masa tersebut. Dalam pengambilan keputusan investasi, investor umumnya menggunakan analisis dan perhitungan yang rasional. Berbeda dengan studi terkait behavioral finance yang menyatakan bahwa terdapat anomali-anomali pada pasar keuangan sebagai akibat dari personality traits investor yang mengambil keputusan investasi secara irasional. Terdapat lima faktor personality traits yang diduga dapat memberikan pengaruh signifikan terkait investment decision para investor dalam pasar keuangan, yaitu openness, conscientiousness, extraversion, agreeableness, dan neuroticism. Penelitian ini mengambil sampel dengan menggunakan metode non- probability purposive sampling dan menggunakan uji pada aplikasi Smart PLS 3.0. Jumlah sampel yang digunakan adalah 100 responden. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa openness dan conscientiousness memiliki pengaruh signifikan terhadap investment decision, sedangkan extraversion, agreeableness, dan neuroticism tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap investment decision pada investor saham generasi Z di wilayah JABODETABEK (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi) sehingga investor diharapkan dapat dengan bijaksana dan cermat mencari informasi terkait instrumen investasi dan/atau membangun lingkungan investasi yang baik agar pengambilan keputusan investasi dapat dilakukan dengan baik pula.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Behavioral Finance, Investment Decision, Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticism. |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.1 Organizations > 658.152 Management of Investment, Capitalization |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 11 Mar 2023 09:33 |
Last Modified: | 22 Jun 2023 05:57 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24021 |
Actions (login required)
View Item |