Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory dan Penjualan Berbasis Web pada UMKM Cik Cik Meatshop and Frozenfood

Angellin, Kevina (2023) Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory dan Penjualan Berbasis Web pada UMKM Cik Cik Meatshop and Frozenfood. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sistem informasi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan nilai produktivitas yang memberikan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan manusia sehari-harinya pada berbagai bidang, tak terkecuali bidang bisnis. UMKM juga merupakan salah satu jenis bisnis produktif yang hingga saat ini menjadi cukup berkembang di Indonesia. Dalam proses bisnisnya, UMKM juga memerlukan sistem informasi agar mereka dapat secara penuh mengintegrasikan sistem mereka menjadi lebih terotomatisasi dan dapat terhindar dari masalah-masalah yang mungkin terjadi. Salah satu contohnya adalah UMKM Cik Cik Meatshop and Frozenfood yang masih menggunakan sistem pencatatan data inventory dan penjualan mereka secara manual yang menyebabkan beberapa permasalahan seperti, human error, human fraud, hingga ketidakakuratan data, sehingga adanya kebutuhan membuat sistem untuk dapat menghindari permasalahan tersebut. Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, maka diberikanlah solusi yaitu merancang sebuah sistem informasi berbasis web yang dipusatkan pada inventory dan penjualan UMKM Cik Cik Meatshop and Frozenfood. Sistem informasi dirancang dengan menggunakan metode Rapid Application Development. Untuk tools yang digunakan adalah XAMPP sebagai web server dan Visual Studio Code sebagai code editor. Bahasa pemrograman yang akan digunakan adalah PHP, CodeIgniter sebagai framework, dan MySQL sebagai database. Hasil yang didapat dari perancangan sistem informasi ini adalah sistem dapat membantu UMKM Cik Cik dalam mengatasi permasalahan yang ada. Sistem informasi berbasis web ini memudahkan UMKM Cik Cik dalam melakukan pengelolaan data terkait inventory dan penjualan mereka agar lebih terotomatisasi dibandingkan dengan sistem manual yang sebelumnya. Rancangan sistem yang dibuat juga dapat membantu UMKM Cik Cik dalam menghasilkan laporan terkait inventory dan penjualan mereka, sehingga dapat dijadikan acuan untuk menganalisis dan melakukan pengambilan keputusan dalam mengembangkan proses bisnis mereka ke depannya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Inventory, Penjualan, RAD, Sistem Informasi, UMKM
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4038 Information Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:34
Last Modified: 05 Jul 2023 08:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24027

Actions (login required)

View Item View Item