Perancangan Color Script sebagai Representasi Identitas Budaya Meksiko dan Bali pada Animasi Pendek Duende

Christina, Christina (2022) Perancangan Color Script sebagai Representasi Identitas Budaya Meksiko dan Bali pada Animasi Pendek Duende. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Warna sebagai salah satu aspek visual berfungsi efektif dalam menyalurkan suatu informasi melalui animasi. Selain sebagai media informasi, warna dalam animasi juga berfungsi sebagai representasi dari identitas suatu budaya. Hal tersebut pun mendorong diciptakannya Duende yang menggunakan color script dalam menunjukkan kontras dan perpaduan warna antara budaya Meksiko dan Bali. Penelitian ini akan menjawab pertanyaan bagaimana merancang color script sebagai representasi identitas budaya Meksiko dan Bali pada animasi pendek Duende. Penelitian ini berlandaskan kepada teori warna sebagai representasi identitas budaya (Xu, 2016) dan riset warna yang menjadi simbolis budaya Meksiko dan Bali. Berdasarkan riset tersebut, Duende menyajikan color script yang memadukan warna-warna yang menjadi representasi dari identitas budaya Meksiko dan Bali. Budaya Meksiko ditunjukkan melalui warna hijau, kuning, dan Mexican pink. Warna Mexican pink sendiri merupakan simbol kharisma dan warna identitas budaya Meksiko. Budaya Bali ditunjukkan ditunjukkan melalui empat warna primer Bali berdasarkan riset Purwita (2021), yaitu merah, kuning, hitam, dan putih. Keempat warna tersebut juga terdapat pula dalam konsep Kanda Empat dalam kepercayaan Bali (Eiseman, 1990). Statement nilai kekeluargaan naratif Duende pun dapat tersampaikan secara visual melalui perpaduan warna representasi identitas budaya tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: color script, identitas budaya, budaya Meksiko dan Bali
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 090 Manuscripts and Rare Books > 091 Manuscripts
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:34
Last Modified: 31 Aug 2023 01:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item