Analisis Pengaruh Convenience, Privacy Security, Reliability, Transaction Costs dan Perceived Value terhadap Intention to Use Aplikasi Maxim

Lesmana, Keshia (2023) Analisis Pengaruh Convenience, Privacy Security, Reliability, Transaction Costs dan Perceived Value terhadap Intention to Use Aplikasi Maxim. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Transportasi online di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini dikarenakan berbagai faktor pendukung, yaitu perkembangan era globalisasi, teknologi, dan industri transportasi yang berkembang begitu cepat, peningkatan penggunaan smartphone, dan tingkat adopsi internet yang cukup tinggi pada masyarakat Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Playstore,2022 aplikasi Gojek, Grab dan Indriver merupakan aplikasi ride hailing dengan jumlah pengguna yang paling banyak di Indonesia dengan lebih dari 100 juta pengguna atau telah diunduh lebih dari 100 juta kali. Sementara aplikasi Maxim yang juga merupakan pendatang baru seperti Indriver baru diunduh lebih dari 10 juta kali atau setara dengan hanya memiliki kurang lebih 10 juta pengguna. Tak hanya, jumlah pengguna yang lebih kecil dari para pesaingnya, adanya kenaikan harga BBM membuat tarif ojol turut naik per tanggal 11 September 2022 yang berimbas pada penurunan frekuensi masyarakat dalam menggunakan ojol sebesar 50,24%. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel convenience, privacy security, reliability, transaction costs, dan perceived value terhadap intention to use aplikasi Maxim. Peneliti menggunakan software Smart PLS versi 3, dengan model SEM dalam melakukan uji penelitian pada pengaruh variabel independen dan mediasi terhadap intention to use aplikasi Maxim. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan secara online kepada 207 responden dengan google form menggunakan teknik non probability sampling, dan judgemental sampling. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel convenience, dan reliability terhadap perceived value. Privacy security berpengaruh positif terhadap transaction costs, namun tidak berpengaruh pada perceived value. Reliability tidak berpengaruh terhadap transaction costs. Convenience berpengaruh negatif terhadap transaction costs. Perceived value memiliki efek mediasi terhadap convenience, reliability dan berpengaruh positif terhadap intention to use. Sementara, transaction costs tidak memiliki efek mediasi, serta tidak berpengaruh terhadap intention to use.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Ride hailing, Convenience, Privacy Security, Reliability Transaction Costs, Perceived Value, Intention To Use, aplikasi Maxim.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.8 Computer Security, Data Security
500 Science and Mathematic > 510 Mathematics > 519 Probabilities and Applied Mathematics
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:36
Last Modified: 27 Jun 2023 02:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24046

Actions (login required)

View Item View Item