Perancangan Kampanye Sosial untuk Melakukan Mindful Spending bagi Usia 31-40 Tahun

Yovita Lo, Celine (2023) Perancangan Kampanye Sosial untuk Melakukan Mindful Spending bagi Usia 31-40 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aktivitas berbelanja digemari oleh hampir seluruh orang. Berbelanja membantu untuk memenuhi kebutuhan, namun dapat menjadi bumerang bila dilakukan secara berlebihan sebab dapat menyebabkan sifat konsumtif. Ditemukan dari hasil penelitian penulis, usia 31 - 40 tahun kerap kali mengalami kelebihan budget saat berbelanja. Hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, seperti rasa ingin memiliki suatu hal, bosan dengan barang lama, tergoda promo marketing, menyalurkan stress melalui shopping, dan merasa memiliki financial yang stabil. Mindful spending membantu seseorang untuk mengasah pola pikir kritis, sehingga pengeluaran yang dilakukan melalui pertimbangan dahulu yang dapat memberikan makna dan nilai esensial bagi kehidupan. Ketika seseorang tidak dapat mengontrol kondisi keuangan dengan baik, orang tersebut cenderung memiliki sikap konsumtif, akan mudah stress, mengurangi produktivitas, hingga sulit memiliki tabungan jangka panjang. Namun tidak semua orang mampu memiliki motivasi dan usaha yang sama akan pentingnya mindful spending. Kemudian yang paling penting yaitu sebuah kesadaran, sebab dengan kesadaran barulah bisa membuat perubahan. Dari permasalahan tersebut, penulis memerlukan sebuah media untuk dapat memotivasi masyarakat melakukan mindful spending. Dalam perancangan kampanye ini, penulis menggunakan metode `six phases' oleh Robin Landa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mindful Spending, Kontrol diri, Pengolahan Keuangan
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 330 Economics
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:37
Last Modified: 28 Aug 2023 00:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24050

Actions (login required)

View Item View Item