Perancangan Mobile Website mengenai Konsep Kehidupan Mandiri bagi Mahasiswa Baru Usia 17 hingga 25 Tahun

Berlian Salsabila, Medina (2023) Perancangan Mobile Website mengenai Konsep Kehidupan Mandiri bagi Mahasiswa Baru Usia 17 hingga 25 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Hidup mandiri merupakan sebuah pola hidup yang di mana individu yang berfokus pada sifat kemandirian. Menurut Maryam (2015), kemandirian merupakan perilaku yang memiliki kemampuan untuk berinisiatif, mengatasi hambatan/masalah, mempunyai rasa percaya diri, dan dapat melakukan sesuatu sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Setelah dilakukan penelitian kualitatif dengan teknik penelitian Forum Group Discussion (FGD), disaat melakukan persiapan yang salah satunya adalah mencari tempat kos memiliki tahapan atau tata cara yang digunakan untuk menemukan tempat kos yang cocok bagi partisipan. Salah satu tahapan tersebut adalah untuk mengunjungi secara langsung setelah melakukan riset, hal ini menurut peserta merupakan hal yang wajib untuk dilakukan karena apa yang dilihat melalui internet belum tentu sesuai dengan apa yang ada pada aslinya. Berikutnya penulis melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik survey atau kuesioner. Data yang didapatkan melalui kuesioner adalah hal yang paling diharapkan oleh responden ketika menjalankan hidup mandiri yaitu hidup untuk belajar mandiri, akan tetapi ketakutan yang dimiliki oleh responden adalah ketidakpercayadirian responden ketika menjalankan kehidupan mandiri mereka sehingga takut akankah apa yang sedang dilakukannya benar atau tidak. Selain itu penulis melakukan teknik observasi, yang di mana dapat dikonklusikan bahwa subyek yang menjadi bagian dari observasi yang dua dari ketiga subyek merupakan mahasiswa baru dengan keadaan masih beradaptasi dengan lingkungan barunya masih memiliki kecerobohan dalam mengatur jadwal yang dimiliki subyek. Melalui data-data tersebut, perancangan dirancang dengan menggunakan Human-Centred Design (2015).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Panduan, Hidup Mandiri, Persiapan, Kemandirian
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 09:37
Last Modified: 25 Aug 2023 06:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24053

Actions (login required)

View Item View Item