Perancangan Shot sebagai Tahap Preproduction dalam Episode Berjudul Doctor Checkup pada Serial Animasi 2D Dolan

Ivah Tanuihusada, Mirelle (2021) Perancangan Shot sebagai Tahap Preproduction dalam Episode Berjudul Doctor Checkup pada Serial Animasi 2D Dolan. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (973kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (518kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang perancangan shot sebagai salah satu tahap dalam memvisualisasikan naskah/cerita yang ada untuk menjadi sebuah storyboard dan animatic sequence untuk serial animasi 2D anak-anak berjudul Dolan. Serial animasi ini bercerita tentang seorang anak bernama Dolan yang tinggal di sebuah pulau dimana hewan-hewannya juga dapat berbicara seperti manusia (anthropomorphic animals). Serial ini memiliki beberapa karakter seperti Dolan, Nami, Len, Maung dan kedua orang tua. Animasi merupakan sebuah medium, atau sarana yang sudah ada sejak awal tahun 1900an, dan tetap berkembang sampai sekarang ini dengan berbagai teknologi yang ada. Hal ini juga dimotivasi dengan demand orang-orang terhadap konten hiburan yang selalu akan meningkat. Selain itu, standar dalam produksi animasi juga terus berkembang. Hasil karya storyboard yang dibuat oleh penulis juga merupakan penerapan dan proses pembelajaran dari teori-teori yang ada tentang topik ini. Beberapa feedback oleh supervisor dalam proyek ini juga menjadi masukan dan ilmu yang berguna. Penulis juga menggunakan metode eksplorasi dan referensi dari animasi-animasi lain yang sudah ada. Setelah dianalisa, ternyata ada teori-teori yang sesuai dengan yang dikerjakan penulis, namun kadangkala ada beberapa yang bisa diberikan pengecualian, semisal 2D dan 3D memiliki shot-shot yang berbeda karena pengaruh teknis.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Animasi, Shot, Storyboard
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 21:01
Last Modified: 15 Sep 2023 00:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24139

Actions (login required)

View Item View Item