Strategi Produser dalam Mengefisienkan Biaya Produksi Film Panjang "Jakarta Vs Everybody"

Franciska, Christina (2022) Strategi Produser dalam Mengefisienkan Biaya Produksi Film Panjang "Jakarta Vs Everybody". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Dalam pembuatan anggaran alokasi biaya produksi, peran seorang produser sangat penting, dimana seorang produser bertanggungjawab menjalankan proyek secara berkolaborasi dari awal hingga akhir kegiatan. Dalam kenyataan pembuatan film panjang, tidak semua film panjang mendapatkan biaya produksi yang besar seperti film "Jakarta vs Everybody". Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif secara deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam (in-depth interview) kepada informan yang terlibat dalam situasi tersebut yaitu produser film, Ertanto Robby Soediskam. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa seorang produser harus dapat melakukan efisiensi dan memecahkan solusi dengan cara tambal sulam untuk mengurangi anggaran pos yang satu dan mengalokasikan biaya ke pos yang lebih membutuhkan, selain itu cara yang dilakukan adalah dengan mencari sponsorship, meyakinkan sponsor terkait ide cerita dan konsep film. Di sinilah dibutuhkan peran serta produser dalam berpikir secara tepat dan membuat strategi agar biaya produksi tidak menjadi sumber pemborosan dan memaksimalkan sumber daya yang ada disekitarnya. Terlepas dari hal tersebut, seorang produser harus tetap menjaga visual kreatif film yang bagus dan production value dari film tersebut.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: produser, anggaran produksi, jakarta vs everybody
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.401 Planning and Strategic Management
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 11 Mar 2023 21:01
Last Modified: 11 Sep 2023 01:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24142

Actions (login required)

View Item View Item