Rancang Bangun Platform Internship Job Vacancies (Interncies) sebagai Media Rekrutmen Mahasiswa Magang Berbasis Mobile (Studi Kasus: Mahasiswa UMN)

Belicia, Adlin (2023) Rancang Bangun Platform Internship Job Vacancies (Interncies) sebagai Media Rekrutmen Mahasiswa Magang Berbasis Mobile (Studi Kasus: Mahasiswa UMN). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Saat ini, kurang tersebarnya informasi lowongan magang menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi oleh para mahasiswa. Hal ini berkaitan dengan kewajiban mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang agar dapat memenuhi persyaratan kelulusan pendidikan mereka. Selain itu dari sisi perusahaan, kebutuhan tenaga kerja yang berkompeten tentu diperlukan untuk dapat membantu bisnis mereka. Smartphone yang merupakan salah satu inovasi dari teknologi kerap dimiliki setiap orang pada era modern ini. Dengan fungsinya yang dapat membantu berbagai kegiatan manusia menjadi faktor tingginya pengguna aktif smartphone di seluruh dunia. Maka dari itu, munculnya ide untuk merancang platform aplikasi mobile sebagai media rekrutmen magang yang ditujukan untuk dapat dijadikan sebagai penghubung para mahasiswa pencari magang dan pihak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan kriterianya masing-masing. Pada perancangan platform aplikasi yang dirancang berbasis mobile ini, menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang dibangun dengan menggunakan model prototyping. Aplikasi ini dikembangkan melalui aplikasi pengembangan Android yakni Android Studio dan menerapkan bahasa pemrograman Java dengan PHP untuk mengolah database aplikasi. Perancangan ini meliputi beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari merencanakan kebutuhan dari perancangan platform aplikasi, mendesain prototype aplikasi, mengolah kode pemrograman aplikasi, menguji seluruh proses aplikasi, dan mengimplementasikan hasil rancang aplikasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan platform aplikasi mobile khususnya Android yang dibangun berdasarkan kebutuhan dan saran yang diberikan oleh berbagai pihak dari hasil wawancara dan survei kuesioner. Aplikasi ini ditujukan kepada para mahasiswa/i Universitas Multimedia Nusantara dan pihak perusahaan untuk dapat memenuhi kebutuhan masing-masing dan dijadikan sebagai platform media magang dengan fitur-fiturnya yang telah disajikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Magang, Mobile, Platform, Prototype
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:03
Last Modified: 07 Jul 2023 03:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24332

Actions (login required)

View Item View Item