Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Terminologi Musik untuk Anak Usia Dini

Aprillio Scenny, Katriel (2023) Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Terminologi Musik untuk Anak Usia Dini. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Musik adalah salah satu ilmu yang banyak dipilih oleh orang tua untuk diajarkan kepada anak sejak usia dini karena banyaknya manfaat yang diberikan bagi perkembangan awal otak anak. Selain praktik, dalam mempelajari musik diperlukan pemahaman mengenai teori musik. Termasuk di dalamnya adalah terminologi musik. Terminologi musik ini banyak menggunakan istilah asing dan juga bermakna abstrak sehingga cukup susah untuk dipahami anak. Padahal untuk dapat bermain musik dengan baik, memahami terminologi musik adalah hal yang penting. Namun sayangnya media belajar teori musik yang banyak dipakai sangatlah metodikal dan kurang menarik minat anak. Media yang ada juga kurang fleksibel karena hanya akan efektif saat digunakan dengan pendampingan guru. Nyatanya, anak akan lebih banyak menghabiskan waktu belajar musiknya di luar jam kursus dengan pendampingan orang tua. Orang tua juga menemukan kesulitan untuk menjelaskan terminologi musik karena ketidakpahaman mereka terkait materi musik anak. Maka dari itu diperlukan adanya media berupa buku ilustrasi pengenalan terminologi musik untuk anak usia 5 ­ 7 tahun yang dapat membantu anak untuk memahami terminologi musik secara menyenangkan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Terminologi Musik, Buku Ilustrasi, Anak Usia Dini
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
000 Computer Science, Information and General Works > 090 Manuscripts and Rare Books > 096 Books notable for illustrations
700 Arts and Recreation > 780 Music > 780 Music
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:04
Last Modified: 27 Aug 2023 23:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24336

Actions (login required)

View Item View Item