Pengaruh Personal Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioural Control terhadap Entrepreneurial Intention Mahasiswa di Tangerang Raya

Kirene Afran, Cornelius (2023) Pengaruh Personal Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Behavioural Control terhadap Entrepreneurial Intention Mahasiswa di Tangerang Raya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (738kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan untuk berwirausaha sangat dibutuhkan di setiap negara karena berkontribusi sangat positif terhadap sektor ekonomi. Indonesia memiliki rasio pengusaha terhadap populasi penduduk hanya berkisar 3%, masih kalah dengan negara ASEAN lainnya seperti Malaysia, dan Singapura. Padahal Indonesia memiliki SDA dan SDM berlimpah yang berpotensi menjadi konsumen, namun masih sedikit sekali yang memanfaatkan tersebut untuk melakukan kegiatan berwirausaha.Tangerang Raya menjadi salah satu daerah yang memiliki angka pengangguran yang tinggi karena masih kurangnya minat masyarakat untuk berwirausaha. Guna menjawab tantangan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa, kampus, pemerintah, maupun lembaga terkait untuk mendorong generasi muda khususnya mahasiswa di Tangerang Raya agar memiliki minat untuk menjadi pengusaha dengan mengetahui apakah personal attitude, subjective norm, dan perceived behavioural control mahasiswa di Tangerang Raya dapat mempengaruhi mereka untuk berkeinginan melakukan kegiatan berwirausaha (entrepreneurial intention). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga Januari 2023 dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta menggunakan google form sebagai media pengisian kuesioner yang melibatkan 195 responden yang berasal dari 5 (lima) universitas di Tangerang Raya yaitu Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Pradita, Universitas Bina Nusantara, Universitas Atma Jaya, dan Universitas Pamulang. Selanjutnya dengan data tersebut dilakukan pengujian validitas, reabilitas, asumsi klasik, regresi linear berganda serta Uji t dan f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel dinyatakan valid dan reliable, serta memenuhi syarat dalam pengujian asumsi klasik. Pada uji Hipotesis dapat disimpulkan bahwa personal attitude, perceived behavioral dan variabel bebas secara simultan (bersama-sama) memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap intensi berwirausaha. Namun variabel subjective norm tidak berpengaruh secara siginifikan terhadap entrepreneurial intention mahasiswa di tangerang raya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: personal attitude, subjective norm, perceived behavioral control, entrepreneurial intention, Tangerang Raya
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:06
Last Modified: 26 Jun 2023 02:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24346

Actions (login required)

View Item View Item