Analisis Visual Eskatologi pada Desain Karakter dalam Video Game Final Fantasy XIV: Shadowbringers

Tania, Elvira (2023) Analisis Visual Eskatologi pada Desain Karakter dalam Video Game Final Fantasy XIV: Shadowbringers. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)

Abstract

Final Fantasy XIV: Shadowbringers adalah ekspansi ke-3 MMORPG dengan tema dunia di ambang kehancuran yang berkaitan dengan eskatologi Kristen, sebagaimana diangkat dalam Kitab Wahyu kepada Yohanes. Dalam Shadowbringers, eskatologi yang diceritakan membahas kembali nilai-nilai pemikiran dan kesusastraan apokaliptik ke dalam bentuk narasi visual interaktif dalam genre fantasi yang didukung oleh desain karakter yang kompleks. Eskatologi sendiri umum dijadikan tema pada narasi dalam media populer seperti film dan video game, yang menunjukkan bagaimana manusia memiliki ketertarikan terhadap narasi yang meyakinkan bahwa dunia adalah tempat yang bermakna, apa yang kita lakukan berarti, dan ada sebuah ending pada keputusan-keputusan yang dibuat. Final Fantasy XIV: Shadowbringers menjadi salah satu bukti dari ketertarikan tersebut dengan keberhasilannya menyajikan narasi dan aksesibilitas yang baik ke pemain baru, mengundang banyak pujian dari kritikus di berbagai media. Untuk memahami lebih dalam variabel-variabel desain yang telah menjadikan karakter-karakter dari ekspansi tersebut dikatakan sebagai tokoh yang paling berkesan dalam franchise Final Fantasy, penulis melakukan analisis pada representasi mitos eskatologi melalui tanda dan simbol visual pada desain karakter dalam Final Fantasy XIV: Shadowbringers. Penelitian didasarkan pada teori pendekatan arketipe Joseph Campbell dan Christopher Vogler untuk mengkaji unsur naratif berupa cerita dan karakterisasi, serta studi semiotika visual Roland Barthes untuk membedah bagaimana mitos dapat diaplikasikan pada desain karakter.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: analisis visual, eskatologi, desain karakter, arketipe, studi semiotika visual
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 740 Graphic arts (Incl. typographical designs; two-dimensional mixed-media, icon and mascot designs)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:08
Last Modified: 13 Oct 2023 00:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24358

Actions (login required)

View Item View Item