Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi

Mudjiono, Arif (2023) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi, baik secara parsial maupun simultan. Nilai perusahaan penting bagi investor dan kreditor karena dapat menjadi tolak ukur kemampuan perusahaan dalam memberikan keuntungan yang tinggi. Nilai perusahaan juga penting sebagai ukuran untuk memperoleh dana yang lebih besar bagi perusahaan melalui penerbitan saham maupun utang. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan dengan Tobins Q. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang sampelnya dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan dianalisa menggunakan metode moderated regression analysis. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 36 perusahaan yang terdaftar di BEI secara berturut-turut selama periode 2018-2020, menerbitkan laporan keuangan telah diaudit oleh auditor independen, menerbitkan laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember, menggunakan mata uang Rupiah, menghasilkan laba secara berturut-turut, membagikan dividen kas secara berturut-turut, dan tidak melakukan share split/reverse share split, juga tidak menerbitkan waran dan HMETD. Hasil penelitian ini adalah (1) Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan (Q) dengan kebijakan dividen (DPR) sebagai variabel moderasi, (2) Likuiditas (CR) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (Q) dengan kebijakan dividen (DPR) sebagai variabel moderasi, (3) Leverage (DER) tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan (Q) dengan kebijakan dividen (DPR) sebagai variabel moderasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kebijakan Dividen, Leverage, Likuiditas, Nilai Perusahaan, Profitabilitas.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:10
Last Modified: 22 May 2023 03:40
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24369

Actions (login required)

View Item View Item