Pengaruh Overconfidence Bias, Herding Bias, Disposition Bias, dan Availability Bias terhadap Investment Decision

Anggana Anindita, Cornellia (2022) Pengaruh Overconfidence Bias, Herding Bias, Disposition Bias, dan Availability Bias terhadap Investment Decision. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (467kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Keputusan yang diambil investor mengenai investasi perlu rasional. Namun, di pasar saat ini, tidak semua investor berperilaku seperti ini. Penilaian yang dibuat investor seringkali dipengaruhi oleh emosi mereka, pendapat orang lain di sekitar mereka, ketersediaan informasi baru, dan terlalu percaya diri pada kemampuan mereka sendiri untuk melakukan investasi yang menguntungkan. Dengan menggunakan behavioral finance sebagai panduan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki pengaruh bias seperti terlalu overconfidence bias, herding bias, disposition bias, dan availability bias terhadap investment decision. Dalam penelitian khusus ini, sampel terdiri dari 134 responden yang dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner. Selanjutnya data diolah dengan menggunakan SPSS versi 25 dan SmarPLS versi 3.0. Untuk mengolah data penelitian ini, pendekatan regresi linier digunakan. Setelah menelusuri ketiga hipotesis yang diajukan, penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa herding bias, disposition bias, dan availability bias berpengaruh terhadap investment decision, sedangkan overconfidence bias tidak berpengaruh signifikan terhadap investment decision. Temuan penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa agar investor dapat mengambil keputusan investasi yang rasional dan akurat, diperlukan penelaahan yang mendalam terhadap informasi dan data yang diberikan oleh suatu emiten yang diminatinya untuk berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: behavioral finance, overconfidence bias, herding bias, disposition bias, availability bias, investment decision.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.6 Investment
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2023 09:11
Last Modified: 02 Jun 2023 03:30
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24375

Actions (login required)

View Item View Item