Pengaruh Storyboard Artist dalam Proses Produksi Animasi Wayang "Desa Timun" pada Studio PT Kreasi Aniwayang Nusantara

Joe Pascal Marianto, Adrianus (2022) Pengaruh Storyboard Artist dalam Proses Produksi Animasi Wayang "Desa Timun" pada Studio PT Kreasi Aniwayang Nusantara. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Program kerja magang adalah salah satu program wajib yang harus dijalankan oleh mahasiswa S1 Universitas Multimedia Nusantara. Dalam kurikulum baru ini terdapat sebuah program kurikulum baru dari pemerintah yaitu kurikulum merdeka. Salah satu program yang terdapat di kurikulum merdeka adalah internship track 1. Mahasiswa program studi animasi diharuskan mencari tempat untuk melaksanakan program magang ini ke berbagai studio animasi. Di dalam industri animasi, jobdesc storyboard artist adalah salah satu divisi pipeline animasi di bagian pra produksi. Storyboard artist bertanggung jawab membuat gambar rancangan sekuensial berdasarkan dari naskah yang dibuat ke dalam bentuk sketsa visual animasi dan film. Posisi storyboard arist didalam dunia animasi termasuk posisi yang sangat penting dan krusial karena dalam proses pra produksi ini, rancangan sebuah film animasi ditentukan secara matang. PT Kreasi Aniwayang Nusantara adalah studio animasi baru yang terbentuk untuk mengembangkan dunia animasi di Indonesia dalam jalur pendekatan animasi anak, animasi yang dibuat memiliki maksud untuk mengenalkan keunikan budaya Indonesua pada anak-anak Indonesia. Dari tujuan tersebut terciptalah serial animasi berjudul "Desa Timun". Keunikan serial ini adalah bentuk medium animasi yang digunakan adalah salah satu budaya Indonesia yaitu wayang. Walaupun medium yang digunakan adalah medium yang bersifat seni tradisional, Aniwayang Studio tetap mengkombinasikan dengan memakai teknologi animasi digital agar mempermudah proses pembuatan serial animasi "Desa Timun".

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Magang, Internship, Kurikulum Merdeka, Storyboard, Storyboard Artist, Animatic Storyboard, Wayang, Desa Timun PERAN STORYBOARD ARTIST, Adrianus Joe Pascal Marianto, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 12:30
Last Modified: 25 Sep 2023 05:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24532

Actions (login required)

View Item View Item