Pengembangan dan Optimasi Performa Sistem Frontend pada Platform Loyalitas Pelanggan untuk PT Ritel dan Multi Manufaktur

Ghofar Alhasyim, Abdul (2022) Pengembangan dan Optimasi Performa Sistem Frontend pada Platform Loyalitas Pelanggan untuk PT Ritel dan Multi Manufaktur. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Sistem Omnichannel e-commerce adalah sistem yang memungkinkan perusahaan memasarkan produk dan jasanya di berbagai platform e-commerce secara terintegrasi. Sistem ini menciptakan pengalaman konsumen yang lebih baik karena setiap sistemnya terintegrasi, baik di toko offline maupun toko online di berbagai platform yang ada. Karena itulah PT Ritel dan Multi Manufaktur mengembangkan sistem Omnichannel e-commerce untuk proses bisnisnya. Pengembangan sistem tersebut dipercayakan kepada agensi digital PT Suitmedia Kreasi Indonesia. Dalam sistem Omnichannel dikembangkan juga platform loyalitas pelanggan. Platform ini dimaksudkan untuk memberikan informasi promosi, acara, campaign serta memberikan keuntungan kepada pelanggan yang telah melakukan transaksi produk PT Ritel dan Multi manufaktur baik transaksi offline pada gerai resmi maupun transaksi online pada platform e-commerce lain seperti Tokopedia, Shoope, Lazada, dan lain-lain. Proyek yang dikerjakan penulis selama kerja magang adalah pengembangan sistem frontend pada platform loyalitas pelanggan berbasis website. Proses pengembangan meliputi pengembangan antarmuka pengguna, debug, integrasi data, audit performa dan optimasi performa. Audit performa dilakukan dengan menggunakan bantuan fitur Lighthouse yang terdapat pada browser Google Chrome. Kemudian optimasi performa dilakukan berdasarkan parameter yang terdapat pada audit Lighthouse seperti First Contenfull Paint (FCP), speed index, Time to Interactive (TTI), Total Blocking Time (TBT), Largest Contentfull Paint (LCP), dan Cumulative Layout Shift (CLS).

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Omnichannel e-commerce, frontend, optimasi performa, website
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 658.4013 Control and Quality Management
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Computer Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 12:59
Last Modified: 29 May 2023 08:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24535

Actions (login required)

View Item View Item