Peran Script Writer dalam Kerja Praktik di Penerbitan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia (BRIN Indonesia)

Wangsa Angesti, Stefka (2023) Peran Script Writer dalam Kerja Praktik di Penerbitan Badan Riset dan Inovasi Nasional Indonesia (BRIN Indonesia). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (602kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Peran penulis dalam dunia visual baik dalam film pendek, film panjang, film fiksi, maupun film dokumenter memberikan peranan yang cukup penting demi berlangsungnya sebuah alur cerita yang tentu dapat memberikan kepuasan dan juga makna/pesan kepada penonton. Dalam dunia penulisan naskah di era sekarang ini memang sudah cukup luas, peranan penulis bukan hanya dalam segi di dunia film saja, namun ternyata dalam dunia sains juga diperlukan, terlebih dalam menyampaikan sebuah informasi yang salah satu medianya adalah audiovisual yang dimana banyak sekali pesan atau ilmu pengetahuan yang akan disampaikan kepada penonton/masyarakat secara luas. Dari pesan tersebut perlu sekali peranan seorang penulis naskah agar adanya runtutan informasi yang disusun dengan sistematis, sehingga segala informasi/pesan disampaikan dengan jelas dan baik. Namun, dibalik hal ini, ternyata Menyusun kata-kata dengan sistematis tidaklah cukup, butuh adanya strategi dan konsep yang dapat membuat ketertarikan dari penonton. Oleh karena itu, terkait dengan metode dalam penelitian ini akan menggunakan metode penelitian secara deskriptif kualitatif dan teori yang akan digunakan merujuk pada teori dari Gutierrez dari bukunya berjudul The Power Of Scriptwriting, Teaching Essential Writing Skills Through Podcasts, Graphic Novels, Movies, and More. Selain itu juga terdapat teori-teori yang bersumber dari buku dan jurnal. Dengan teori ini akan sebagai acuan dalam merancang penelitian sehingga akan lebih terstruktur dan mendalam. Hasil dari penelitian ini telah menunjukkan bahwa menjadi seorang penulis, sekalipun mahir secara struktur penulisan, jangan melupakan konsep yang jelas dan juga konsep dimana dapat memberikan rasa ketertarikan bagi khalayak yang menonton. Hal ini perlu dibarengi agar menjadi satu kesatuan yang lengkap. Sehingga kesimpulan yang ada sebagai penulis yang baik tidak hanya memikirkan secara struktur maupun bahasa, tetapi perlu adanya konsep yang unik untuk memikat hati penonton, agar menjadi kesatuan yang lengkap.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Film, Ketertarikan, Makna, Penulis, Sains
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 791 Movie industry, Circuses, TV, Radio, Puppetry, Pageantry, Animal Performances > 791.43 Film crew (director, script, actor, actress, editor, producer)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 22:59
Last Modified: 18 Oct 2023 00:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24725

Actions (login required)

View Item View Item