Pengaruh User Interface dan User Experience terhadap Customer Experience pada Aplikasi Blibli

Noorputrawan, Ghani (2023) Pengaruh User Interface dan User Experience terhadap Customer Experience pada Aplikasi Blibli. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (539kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (921kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan internet yang begitu pesat mempengaruhi perilaku konsumen dan pelaku bisnis yang harus bersikap adaptif. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat mengetahui pengaruh User Interface dan User Experience terhadap Customer Experience pada aplikasi e-commerce Blibli. Industri e-commerce menjadi salah satu industri yang bergerak begitu cepat serta mempengaruhi nilai sector ekonomi di Indonesia. Customer Experience memiliki peran penting dalam meningkatkan intensitas pengguna aplikasi dari sebuah perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan teknik purposive sampling dengan menganalisis 105 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner online. Penelitian ini menggunakan Teknik Structural Equation Model (SEM) dengan SMART-PLS. Faktor-faktor yang dapat mewakili customer experience dalam mempengaruhi faktor Intention to Visit (ITV) antara lain yaitu User Interface (UI), User Experience (UX) dan Timeliness (T) efek medisi Enjoyment (E) juga dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor UI, UX dan Timeliness yang telah di uji mempengaruhi Customer Experience kecuali pada faktor Enjoyment yang tidak berpengaruh terhadap Customer Experience. Customer Experience menjadi peranan penting dalam mempengaruhi Intention to Visit yang didukung oleh faktor UI, UX dan Timeliness. Secara garis besar UI dan UX menjadi peranan penting dalam meningkatkan Customer Experience aplikasi e-commerce Blibli. Implikasi teoritis dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi Blibli maupun e-commerce lokal terkait Customer Experience yang dipengaruhi oleh User Interface dan User Experience. Sehingga disarankan perusahaan agar selalu meperhatikan dan meningkatkan User Interface dan User Experience pada apikasi seluler. Rekomendasi untuk penelitian dimasa yang akan datang, dapat mengubah variabel dependen yang sesuai kebutuhan sehingga UI dan UX dapat menjadi faktor pententu dalam mencapai bisnis yang lebih baik serta penemuan baru bagi akademisi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Customer Experience, User Interface, User Experience, E- Commerce, Mobile Applicaton
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24742

Actions (login required)

View Item View Item