Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Brand E-wallet dengan Pendekatan TPB dan TAM

Metta Dharmanto, Milianda (2022) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Brand E-wallet dengan Pendekatan TPB dan TAM. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (490kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang keuangan menciptakan berbagai jenis ekosistem fintech di Indonesia, salah satunya adalah fintech payment. Adanya fintech payment mengubah tren pembayaran pengguna, dari tradisional menjadi digital, sehingga melahirkan banyak provider pembayaran digital, tidak terkecuali provider e-Wallet. Dari 22 provider e-Wallet di Indonesia, hanya 5 provider yang memiliki market share terbesar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk memahami penyebab perilaku penggunaan kelima brand e-wallet tersebut oleh pengguna secara berkelanjutan, sehingga hasil dari analisis ini dapat berguna bagi 17 provider e- wallet lainnya untuk meningkatkan market share mereka. Theory of Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB) merupakan dasar teori yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan SPSS AMOS 25, digunakan untuk mengolah 180 data penelitian yang diperoleh melalui judgment sampling. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing activities lebih berperan dalam meningkatkan social influence pada penggunaan e-wallet. Di sisi lain convenience lebih berperan dalam meningkatkan perceive usefulness dan perceive ease use. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa, social influence berpengaruh secara tidak langsung terhadap perceive usefulness dan perceive ease of use.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Intention to Use, TPB, TAM, Fintech, e-Wallet, Market Share.
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 11:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24752

Actions (login required)

View Item View Item