Kirana, Chrysan (2022) Implementasi Critical Success Factor ERP di Perusahaan F&B-Studi Kasus Kualitatif. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (14MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (39MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (400kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (67MB) |
Abstract
Enterprise Resource Planning (ERP) saat ini menjadi penting sebagai akibat percepatan digitalisasi dan kebutuhan perusahaan untuk mengintegrasikan proses bisnisnya. ERP memiliki berbagai model tergantung pada skalabilitas sistem, misalnya untuk usaha kecil dan menengah (UKM) dan perusahaan besar. PT Gamma adalah salah satu perusahaan ritel makanan dan minuman dengan pertumbuhan yang sangat cepat di Indonesia yang menggunakan Oracle NetSuite (sistem ERP untuk UKM). Karena ketidakcocokan skala bisnis, manajemen memutuskan untuk bermigrasi ke ERP untuk perusahaan besar tidak lama setelah penggunaannya. Penelitian ini mengikuti roadmap six sigma (DMAI: define, measure, analyze and improve): (1) menentukan akar penyebab implementasi ERP yang tidak optimal menggunakan wawancara terstruktur mendalam dengan pengguna utama; (2) mengukur nilai sigma berdasarkan dokumen proyek; (3) menganalisis dan mengkodekan hasil wawancara untuk menentukan Critical Success Factors (CSFs) mana yang lebih dominan kemudian menyebarkan kuesioner (skala 1-10) untuk menentukan Risk Priority Number (RPN); dan (4) merumuskan solusi untuk masalah dominan dan meminta verifikasi solusi tersebut kepada pengguna kunci. Nilai sigma menunjukkan 3,234 (tingkat sedang) melalui perhitungan jumlah isu yang beredar dibandingkan semua isu yang ada selama Januari-Agustus 2022. Faktor dominan yang diidentifikasi menurut pengambil keputusan adalah faktor teknologi (71%) dan organisasi (19%), sedangkan menurut pengguna pendukung adalah faktor teknologi (42%), organisasi (25%) dan pihak eksternal (17%). Saran untuk manajemen adalah penyelarasan pemilihan ERP dengan visi strategis perusahaan secara jangka panjang, menghindari over-customization, melakukan checkpoint secara berkala, dan memilih konsultan terbaik saat melakukan re-migrasi. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah periode penelitian yang lebih panjang dan penggunaan metode six sigma lainnya yang lebih komprehensif.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Enterprise Resource Planning (ERP), Model Keberhasilan Implementasi, Six Sigma, Perusahaan Makanan dan Minuman |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:01 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 11:01 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24758 |
Actions (login required)
View Item |