Makna Mantan Anggota Geng terhadap Klitih, Transformasi Identitas, dan Transformasi Kecemasan Komunikasi

Kencana Kusuma Wicitra, Marcellinus (2023) Makna Mantan Anggota Geng terhadap Klitih, Transformasi Identitas, dan Transformasi Kecemasan Komunikasi. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Klitih merupakan fenomena sosial kekerasan remaja di Yogyakarta. Aksi ini didominasi oleh pelajar, khususnya geng SMA. Keterlibatan pelajar di dalam geng menciptakan pemaknaan terhadap klitih, transformasi identitas, dan transformasi kecemasan komunikasi dalam diri mereka. Maka, penelitian ini hendak mengidentifikasi bagaimana makna para mantan anggota geng terhadap klitih, transformasi identitas, dan transformasi kecemasan komunikasi. Penelitian ini menggunakan interpretative phenomenological analysis (IPA) untuk mengungkapkan bagaimana para individu memaknai pengalamannya sebelum, ketika, dan setelah terlibat di dalam geng. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada tiga subjek mantan anggota geng. Temuan menunjukkan bahwa klitih dimaknai sebagai keharusan dan tanggung jawab anggota dalam membesarkan nama geng. Interaksi antar anggota dan aktivitas kolektif mengubah identitas personal menjadi identitas relasional dan komunal. Geng memenuhi kebutuhan anggotanya untuk diterima, diakui, dan dihormati, sehingga ketika anggota keluar/tamat dari geng, mereka tidak memiliki kebutuhan-kebutuhan tersebut, dan menciptakan identitas personal baru. Keterlibatan di dalam geng membuat kecemasan komunikasi para mantan anggota geng bertransformasi menjadi communication confidence. Sebelum terlibat dalam geng, para anggota merasa enggan untuk berkomunikasi dengan orang-orang tertentu karena latar belakang lingkungan mereka. Geng mempertemukan anggota dengan berbagai macam orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Melalui interaksi yang sering terjadi dan aksi kekerasan yang dilakukan, kecemasan komunikasi menurun.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: klitih, interpretative phenomenological analysis, pemaknaan, transformasi identitas, transformasi kecemasan komunikasi
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:03
Last Modified: 15 Mar 2023 11:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24768

Actions (login required)

View Item View Item