Pratama Wongso, Bernard (2023) Peran Business Analyst pada Biro Service Operation Support C di PT Bank Central Asia Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
||
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
PT Bank Central Asia Tbk (BCA) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perbankan yang didirikan oleh Soedono Salim. Perusahaan ini terbentuk sekitar tahun 1955 dengan nama Semarang Knitting Factory. Pada tanggal 2 September 1975, dilakukan perubahan nama menjadi PT Bank Central Asia (BCA) yang dikenal hingga saat ini. Produk yang ditawarkan perusahaan ini seperti penyimpanan uang, pinjaman uang, hingga produk investasi. Untuk memastikan keseluruhan proses operasional perusahaan ini dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan peran dari biro Service Operation Support pada perusahaan ini. Peran biro Service Operation Support bertugas untuk melakukan monitoring terhadap keseluruhan layanan yang ada pada perusahaan. Pada biro ini peserta magang berperan sebagai business analyst yang bertugas mengolah dan membuat program otomasi untuk pengolahan data terkait rekapitulasi laporan pengadaan event dan data lain yang disesuaikan dengan kebutuhan unit kerja, serta pengolahan data hasil challenge di platform Instagram menggunakan Jupyter Notebook dengan bahasa pemrograman Python. Pelaksanaan magang pada biro Service Operation Support C dimulai pada tanggal 18 Agustus 2022 hingga 31 Desember 2022. Pelaksanaan magang yang dijalani menggunakan sistem Work From Office (WFO) dengan jam kerja dari pukul 08.30 hingga 17.30. Kendala yang dihadapi oleh peserta magang seperti penggunaan perulangan dalam program otomasi yang melibatkan data dengan jumlah besar dapat menyebabkan proses pengolahan data menjadi lama. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan metode alternatif lainnya untuk mengolah data yang ada sehingga membuat waktu yang dibutuhkan untuk mengolah data dengan jumlah besar menjadi lebih sedikit.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Python, Pengolahan Data, Otomasi, Business Analyst, Biro Service Operation Support, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) 5 Peran Business Analyst..., Bernard Pratama Wongso, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation 300 Social Sciences > 330 Economics > 332 Financial Economics (Shares, Investment) > 332.1 Banks, Banking Services, Central Banks, World Bank |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 15:59 |
Last Modified: | 03 Aug 2023 01:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24841 |
Actions (login required)
View Item |