Peranan Aseet Creator dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat Berjudul ???Pesut Siut??? di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra

Chloe Suhartono, Gabriella (2022) Peranan Aseet Creator dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat Berjudul ???Pesut Siut??? di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Animasi di Indonesia semakin maju baik dalam 2D maupun 3D. Melihat perkembangan animasi, Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan program pengembangan sastra yang menghasilkan produk pemodernan sastra berupa 32 film animasi legenda nusantara. Penulis mengikuti proyek ini menjadi asset creator pada salah satu film animasi dari 32 legenda nusantara yang berjudul Pesut Siut. Dalam proyek ini penulis bekerja sebagai asset creator untuk membuat segala aset dan property yang dibutuhkan dalam proyek animasi Pesut Siut. Penulis juga bersama dengan Character designer dan Enviroment designer untuk mencocokan bentuk dan warna aset yang dibuat penulis dengan background dan karakter yang dibuat. Penulis membuat berbagai macam aset seperti hewan sungai Mahakam, tumbuhan sungai Mahakam, dan mainan tradisional yang biasa ada di Kalimantan Timur. Penulis belajar bekerja sama dengan praktisi lapangan professional serta tim SMKN 1 Indramayu secara daring sehingga penulis dituntut untuk beradaptasi dengan system kerja yang dinamis. Penulis juga belajar berbagai macam workflow dari berbagai macam rekan kerja.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Asset Creation, Animasi 2D, Kerja sama
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 15:59
Last Modified: 30 Aug 2023 00:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24847

Actions (login required)

View Item View Item