Peran 3D Modeler dalam Pembuatan Asset Game di Mosmoss Studio

Kurniawan, Millyenti (2023) Peran 3D Modeler dalam Pembuatan Asset Game di Mosmoss Studio. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Guna memenuhi syarat kelulusan di Universitas Multimedia Nusantara, penulis menjalani praktik magang sebagai 3D Modeler di Mosmoss Studio yang berlokasi di Gading Serpong. Penulis mengambil job sebagai 3D Modeler dikarenakan minat penulis untuk membuat 3D asset untuk game. Dari sekian banyak studio yang ada, penulis memutuskan untuk bergabung dengan Mosmoss Studio dikarenakan kualitas karya yang dihasilkan sangat baik dan lingkungan kerja yang positif. Yang akan menjadi pembahasan dalam laporan magang ini mencakup apa saja project yang dikerjakan penulis selama magang di Mosmoss studio. Penulis membuat 3D asset game (Chinese Wine Bottle) yang dibuat untuk portofolio, Penulis juga diberikan project untuk pembuatan asset NFT Gen dan pembuatan 3D asset interior game KI. Software yang penulis gunakan selama pengerjaan project di Mosmoss Studio adalah Zbrush menggunakan teknik digital sculpting, Maya untuk polygonal modeling dan retopology, Substance Painter untuk PBR texturing maupun painted texture dan Marmoset Toolbag untuk rendering. Selama mengerjakan project dari client, penulis banyak dibimbing oleh senior di Mosmoss Studio. Walaupun penulis sempat mengalami kesulitan untuk mengikuti workflow di studio dan deadline yang padat, penulis belajar untuk lebih fokus dan menetapkan target harian. Selain memperoleh ilmu hard skill, soft skill penulis juga turut diasah, seperti kemampuan untuk bekerja sama dalam tim, kemampuan berkomunikasi dan problem solving. Penulis mendapatkan banyak ilmu dan bimbingan selama menjalani praktik magang di Mosmoss Studio.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: 3D Modeler, 3D game asset, KI, Gen, Mosmoss Studio
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.6 Computer Graphics, 3D Graphics, Digital Video
700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 20:00
Last Modified: 02 Oct 2023 01:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24901

Actions (login required)

View Item View Item