Peran 3D Artist di FXMedia Internet Pte Ltd

Adhyasta Pradana, Rakha (2023) Peran 3D Artist di FXMedia Internet Pte Ltd. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Pelaksanaan magang sebagai 3D Artist dilakukan berdasarkan keinginan dan gairah penulis dalam menguasai bidang seni 3D. Dalam bidang animasi, 3D Artist merupakan salah satu dari sekian banyaknya cabang yang bekerja untuk menciptakan suatu seni berbasis tiga dimensi. Sebagai perusahaan, FXMedia mempunyai fokus dalam menggabungkan seni dengan media interaktif digital. Penggunaan seni dalam bentuk apapun akan selalu dijumpai pada hasil karya perusahaan yang berupa XR (Extended Reality) ataupun Web-Based Application. Hasil karya 3D Artist akan selalu dijumpai pada produk XR yang sebagian besar akan selalu membutuhkan aset berupa objek-objek tiga dimensi sebagai gambaran realita yang diciptakan secara digital. Pengerjaan aset tiga dimensi tersebut umumnya akan dikerjakan oleh 3D Artist melalui tahap modeling menggunakan software Autodesk Maya, hingga texturing menggunakan software Substance Painter. Dengan adanya program magang ini, penulis jadi belajar banyak hal dan lebih menguasai software yang sebelumnya pernah dipakai, dan juga workflow yang lebih efisien dalam pengerjaan suatu proyek. Kendala yang dialami adalah waktu kerja yang sangat fleksibel akibat penerapan Work From Home, dimana penulis terkadang bekerja pada hari libur. Perusahaan menawarkan cuti pada hari kerja setelah pegawai magang bekerja pada hari libur, sehingga tetap adanya keringanan dan waktu istirahat untuk penulis.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: 3D artist, aset, extended reality, FXMedia, magang
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Mar 2023 12:00
Last Modified: 30 May 2023 00:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24962

Actions (login required)

View Item View Item