HMI Sistem Menulis dan Pick and Place Lengan Robot ABB IRB 6700 dengan Menggunakan Komputer

Farrel Albert Putra, Mario (2023) HMI Sistem Menulis dan Pick and Place Lengan Robot ABB IRB 6700 dengan Menggunakan Komputer. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (823kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (936kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Kerja magang dilaksanakan di pabrik kulkas factory 2 PT LG Electronics Indonesia (LGEIN) karena sudah mengaplikasikan otomasi industri, merupakan bagian dari LG Electronics yang termasuk dalam perusahaan manufaktur elektronik terbesar di dunia, dan termasuk dalam bidang industri pengolahan yang menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia. Mayoritas sistem otomasi modern menggunakan human machine interface (HMI) sebagai bagian dari sistem kontrolnya. Namun, HMI adalah komponen yang mahal. Saat HMI rusak, mengganti HMI dengan komputer akan menghemat pengeluaran pabrik. Hal ini pastinya akan membantu pabrik kecil sampai menengah yang anggarannya terbatas dan membantu pabrik besar yang ingin melakukan efisiensi. Pengguna menggunakan mouse dan keyboard untuk berinteraksi dengan komputer dan mengontrol program yang berisi tombol- tombol dan indikator-indikator layaknya HMI. Program dibuat dengan integrated development environment (IDE) Microsoft Visual Studio dalam bahasa C#. Program menggunakan library penunjang untuk terhubung dengan program MX Component yang mana adalah program yang mengatur jalur komunikasi antara komputer dengan programmable logic controller (PLC) Mitsubishi. Komputer terhubung ke PLC menggunakan kabel Ethernet ke modul Ethernet. HMI dengan menggunakan komputer dapat bekerja dengan baik dan menggantikan fungsi HMI konvensional untuk sistem menulis dan pick and place lengan robot ABB IRB 6700.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Otomasi industri, HMI, Komputer. 7 HMI Sistem Menulis dan Pick and Place Lengan Robot ABB IRB 6700 dengan Menggunakan Komputer, Mario Farrel Albert Putra, Universitas Multimedia Nusantara
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Electrical Engineering
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Mar 2023 12:58
Last Modified: 16 Mar 2023 13:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24974

Actions (login required)

View Item View Item