Analisa Tata Kelola Teknologi Informasi Management Sumber Daya Manusia pada PT SRT Menggunakan COBIT 5

Herdhin Adi Syahputra, Mochamad (2023) Analisa Tata Kelola Teknologi Informasi Management Sumber Daya Manusia pada PT SRT Menggunakan COBIT 5. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (779kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (989kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (991kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

PT. SRT merupakan suatu industri ekuitas swasta Indonesia. PT. SRT sediakan manajemen proyek handal serta layanan implementasi baik di penyediaan benda, jasa teknis serta konstruksi di bidang mekanis, sistem kelistrikan, serta pengolahan limbah kimia. Mereka berupaya buat membagikan kepuasan kepada client dengan prinsip continuous improvement. Meski industri ini telah menetapkan standar minimun 10 tahun pengalaman kerja, PT. SRT masih memiliki permasalahan terpaut dengan sumber daya manusia. Paling utama di bagian TI dimana keselarasan dengan bisnis belum terealisasikan. Untuk membantu dalam mewujudkan tujuan tersebut maka dilakukan sebuah analisa tingkat kapabilitas untuk tata kelola teknologi informasi dengan mengunakan framework COBIT 5 sebagai acuannya dan di dukung dengan adanya data kuantitatif. Hal pertama yang dilakukan dengan melakukan wawanara kepada Direktur dari PT. SRT dalam pengumpulan data yang dibutuhkan. Domain yang akan diproses yaitu EDM04 ­ Memastikan Pengoptimalan Sumber Daya, APO01 ­ Mengelola Kerangka Kerja Manajemen TI, APO07 ­ Manajemen Sumber Daya Manusia, dan APO12 ­ Menilai dan Mengatur Resiko. Hasil yang diperoleh setelah melakukan analisa tingkat kapabilitas di PT. SRT, dimana Domain EDM04 dan APO01 berhenti di level 1 yang belum mencapai target level yang diinginkan. Dan APO07 dan APO12 berhenti di level 2 yang sama belum juga mencapai target level yang diinginkan. Hasil yang di dapat untuk menentukan level yang didapat untuk tingkat kapabilitas dalam tata kelola teknologi informasi. Serta memberikan rekomendasi kepada PT. SRT agar dapat meningkatkan level kapabilitasnya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 5, Sumber Daya Manusia, Tingkat Kapabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Apr 2023 09:54
Last Modified: 03 Aug 2023 07:46
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25271

Actions (login required)

View Item View Item