Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan

Lovell, Janice (2023) Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Kepemilikan Institusional terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan merupakan salah satu karakteristik laporan keuangan yang memiliki arti bahwa tersedianya informasi bagi pembuat keputusan pada waktu yang tepat sehingga dapat memengaruhi keputusan investor sebelum memutuskan untuk berinvestasi dalam suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, likuiditas, leverage, dan kepemilikan institusional terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor consumer goods pada periode 2018-2021. Penelitian ini menggunakan data sekunder, sedangkan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan dianalisis menggunakan metode linear regression. Sampel dalam penelitian ini adalah 25 perusahaan sub sektor consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode 2018-2021, menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit, memiliki tanggal tutup buku per 31 Desember, menggunakan satuan mata uang Rupiah, menghasilkan laba selama periode penelitian, tidak memiliki ekuitas negatif selama periode penelitian, memiliki jumlah kepemilikan institusional secara berturut-turut, dan mengungkapkan tanggal penyampaian laporan keuangan selama 4 tahun berturut-turut. Hasil penelitian ini adalah (1) profitabilitas yang diproksikan dengan return on assets tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, (2) likuiditas yang diproksikan dengan current ratio tidak berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, (3) leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, (4) kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, likuiditas, leverage, dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kepemilikan institusional, ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan, leverage, likuiditas, profitabilitas
Subjects: ?? HG ??
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:48
Last Modified: 21 Jun 2023 10:48
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25431

Actions (login required)

View Item View Item