Rancang Bangun Aplikasi Healtikuy sebagai Pendukung Kesehatan dengan Metode Gamifikasi

Koco Permadi, Wahyu (2023) Rancang Bangun Aplikasi Healtikuy sebagai Pendukung Kesehatan dengan Metode Gamifikasi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa kesehatan menjadi hal yang sangat penting untuk manusia. Kesehatan yang baik dapat menghindari berbagai macam penyakit yang tergolong mematikan. Pada saat ini, terdapat beberapa bukti yang menyatakan bahwa masih banyak orang yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti survey yang dilakukan oleh World Health Organization (WHO) dan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Karena hal ini, dibutuhkan suatu cara untuk mendorong pengguna agar mau menjalankan pola hidup sehat dan dapat membentuk kebiasaan serta konsisten dalam menjalani pola hidup sehat. Disisi lain, smartphone saat ini sudah menjadi alat genggam yang populer di semua kalangan, dan dapat dimanfaatkan untuk membangun motivasi/dorongan pengguna sebagai pengguna smartphone. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Gamifikasi dengan Octalysis Framework yang diharapkan dapat mendorong serta memotivasi pengguna dan membentuk kebiasaan pola hidup sehat. Penelitian menunjukkan hasil yang positif pada aplikasi, dengan total 32 jumlah responden. Pengujian dilakukan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) pada survey kepuasan pengguna, dan diperoleh bahwa 86.3% responden sangat setuju dan menerima aplikasi yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gamifikasi , Mobile Application, Octalysis Framework, Pola Hidup Sehat
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:49
Last Modified: 16 Aug 2023 02:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25446

Actions (login required)

View Item View Item