Sistem Rekomendasi Pemilihan Hero Mobile Legends Menggunakan Analytical Hierarchy Process

Nathaniel, Sergio (2023) Sistem Rekomendasi Pemilihan Hero Mobile Legends Menggunakan Analytical Hierarchy Process. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mobile Legends merupakan sebuah game online berbasis mobile dengan banyaknya pemain yang mencapai 247 juta pemain di Asia Tenggara. Pemilihan hero yang tepat sesuai dengan keahlian dari masing-masing pemain merupakan faktor penting untuk mencapai kemenangan dalam permainan ini. Jumlah hero yang terdapat pada permainan ini mencapai hingga 119 hero. Banyaknya hero pada permainan ini, membuat banyak pemain kesulitan dalam menentukan hero yang sesuai dengan gaya permainan pemain. Website sistem rekomendasi Mobile Legends merupakan sebuah aplikasi sistem rekomendasi yang dibangun dengan tujuan untuk membantu para pemain dalam menentukan hero yang sesuai dengan gaya permainan pemain. Beberapa fitur yang terdapat pada website adalah informasi mengenai role yang terdapat pada permain Mobile Legends, penggunaan aplikasi, dan sistem rekomendasi itu sendiri. Hasil rekomendasi didapatkan dari perhitungan yang telah di input oleh pengguna, kemudian akan diproses dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), lalu dipadukan dengan pendapat dari ketiga orang pakar yang berbeda terhadap masing-masing role, dan kemudian akan ditampilkan beberapa hasil hero dengan nilai tertinggi untuk diberikan kepada pengguna. Hasil penilaian atau evaluasi terhadap sistem rekomendasi didapatkan dengan cara menyebarkan kuisioner dengan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan dihitung dengan menggunakan Skala Likert. Persentase yang didapatkan dari hasil penilaian atau evaluasi terhadap sistem rekomendasi berdasarkan kuisioner yang telah direkapitulasi mencapai angka 87.30% yang berarti responden sangat setuju terhadap penggunaan aplikasi dari sistem rekomendasi pemilihan hero Mobile Legends.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analytical Hierarchy Process, End User Computing Satisfaction, Hero, Mobile Legends, Sistem Rekomendasi, Skala Likert
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:47
Last Modified: 18 Aug 2023 02:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item View Item