Analisis Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, Social Influence, Hedonic Motivation, Habit, dan Behavioral Intention terhadap Intention to Recycle: Telaah pada Aplikasi e-Recycle.

Yolandine Gunawan, Clarissa (2023) Analisis Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, Social Influence, Hedonic Motivation, Habit, dan Behavioral Intention terhadap Intention to Recycle: Telaah pada Aplikasi e-Recycle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Masalah sampah di Indonesia yang memprihatinkan menyebabkan pelaku industri di bidang pengelolaan dan daur ulang sampah ikut serta dalam menciptakan visi Indonesia bersih sampah pada tahun 2025 sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional (JAKSTRANAS). Salah satu upaya yang dilakukan oleh pelaku industri adalah melalui inovasi aplikasi daur ulang, salah satunya adalah eRecycle. Berdiri pada tahun 2019, sekarang tantangan terberat aplikasi eRecycle adalah mempertahankan pengguna untuk melakukan kegiatan daur ulang secara konsisten di aplikasi eRecycle ditengah terbatasnya kapasitas dan sumber daya yang dimiliki. Untuk membantu menangani permasalahan tersebut, peneliti ingin melihat faktor-faktor yang mempengaruhi Intention to Recycle melalui Behavioral Intention yang dipengaruhi oleh variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, Social Influence, Hedonic Motivation, dan Habit di aplikasi eRecycle. Peneliti menganalisa 7 hipotesis dan menggunakan menggunakan metode analisis Structural Equation Model (SEM) yang melibatkan 160 responden yang telah memenuhi syarat penelitian, yaitu laki-laki dan perempuan yang minimal berusia 17 tahun, yang pernah menggunakan aplikasi eRecycle, tetapi belum pernah menggunakan kembali aplikasi tersebut dalam 3 bulan terakhir. Hasil dari uji analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa Performance Expectancy, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, dan Habit memiliki pengaruh positif terhadap Behavioral Intention. Facilitating Conditions memiliki pengaruh yang paling berdampak pada Behavioral Intention. Sedangkan Effort Expectancy dan Social Influence tidak memiliki pengaruh terhadap Behavioral Intention. Untuk Behavioral Intention dan Intention to Recycle sendiri memiliki pengaruh yang positif. Rekomendasi berupa implikasi manajerial dari peneliti untuk perusahaan adalah dengan melakukan pengembangan fitur proses penjemputan sampah, memperbanyak konten dan acara edukasi lingkungan, menciptakan visualisasi yang menarik pada tiap fitur, membuat notifikasi pop up, dan bekerjasama dengan lembaga pemerintahan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Facilitating Conditions, Social Influence, Hedonic Motivation, Habit, Behavioral Intention, Intention to Recycle
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:47
Last Modified: 28 Jun 2023 05:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25465

Actions (login required)

View Item View Item