Akmal Hisyam, Muhammad (2023) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Git Berbasis Mobile Menggunakan Metode Gamifikasi dan Algoritma Fisher-Yates Shuffle. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (679kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (207kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Version Control System (VCS) merupakan sebuah sistem yang digunakan oleh pengembang untuk memberikan kemudahan dalam melakukan kolaborasi dengan pengembang lainnya. Teknologi VCS yang paling banyak digunakan secara luas terutama di kalangan pengembang profesional yaitu Git. Saat ini, terdapat beberapa platform kursus online yang telah menyediakan materi pembelajaran Git. Namun, platform-platform tersebut hanya tersedia dalam bentuk website. Dalam beberapa hal, aplikasi berbasis mobile lebih unggul dibandingkan aplikasi berbasis web, baik dari segi performa maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi pembelajaran Git berbasis mobile menggunakan metode gamifikasi yang dirancang berdasarkan framework Octalysis untuk meningkatkan motivasi belajar pengguna dan algoritma Fisher-Yates Shuffle untuk mengacak soal- soal kuis secara variatif. Pengujian aplikasi dilakukan oleh sejumlah pengguna dengan mengisi kuesioner yang disusun menggunakan Hedonic Motivation System Adoption Model (HMSAM). Hasil evaluasi pengujian aplikasi menunjukkan bahwa diperoleh persentase rata-rata sebesar 88,89% pada aspek behavioral intention to use dimana pengguna sangat setuju bahwa aplikasi pembelajaran Git menimbulkan keinginan pengguna untuk menggunakannya kembali di masa yang akan datang dan diperoleh persentase rata-rata sebesar 78,50% pada aspek immersion dimana pengguna setuju bahwa aplikasi pembelajaran Git membuat pengguna terbawa suasana saat menggunakaannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Aplikasi Pembelajaran, Fisher-Yates Shuffle, Gamifikasi, Git, Mobile |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 23 Jun 2023 09:48 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 02:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25474 |
Actions (login required)
View Item |