Michael, Michael (2023) Pengaruh Pesan Kampanye Modus Penipuan Bank di Tiktok @Bankbca terhadap Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
| 
 | PDF HALAMAN_AWAL.pdf Download (786kB) | Preview | |
| 
 | PDF DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (266kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_I.pdf Download (537kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_II.pdf Download (310kB) | Preview | |
| 
 | PDF BAB_III.pdf Download (477kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) | |
| 
 | PDF BAB_V.pdf Download (183kB) | Preview | |
| ![[img]](https://kc.umn.ac.id/style/images/fileicons/application_pdf.png) | PDF LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (726kB) | 
Abstract
Di Indonesia, peningkatan tingkat inklusi dan literasi keuangan di masyarakat tidak berjalan seimbang. Adanya sebuah jarak yang cukup jauh antara tingkat inklusi keuangan yang tinggi dengan literasi keuangan yang rendah, sangat membuka celah kesempatan bagi perilaku modus penipuan bank untuk melakukan aksinya. Para pelaku modus penipuan tersebut, mengatasnamakan pihak bank secara tidak bertanggung jawab. Bank BCA yang juga menjadi salah satu bank yang mengalami fenomena tersebut, melakukan sebuah kampanye yang menjadi salah satu pencegahan untuk menyampaikan pesan edukasi kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk literasi keuangan. Tujuan dari penelitian ini pada akhirnya ingin mengetahui, apakah ada pengaruh yang diberikan antara pesan kampanye #AwasModus yang disampaikan oleh BCA terhadap tingkat literasi keuangan masyarakat. Konsep yang digunakan dalam penelitian menggunakan konsep pesan kampanye dan literasi keuangan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan survei kuesioner kepada 201 responden. Dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen yaitu pesan kampanye memberikan pengaruh kepada variabel dependen yaitu literasi keuangan sebesar 33,1%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat adanya pengaruh antara pesan kampanye #AwasModus di Tiktok @bankbca terhadap literasi keuangan masyarakat.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) | 
|---|---|
| Creators: | Michael, Michael (00000040514) | 
| Contributors: | Susilo, Daniel | 
| Keywords: | Pesan Kampanye, Modus Penipuan, Literasi Keuangan | 
| Subjects: | 300 Social Sciences | 
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication | 
| Date Deposited: | 23 Jun 2023 09:48 | 
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25475 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
            
               
               
              