Pengaruh Pesan Kampanye Modus Penipuan Bank di Tiktok @Bankbca terhadap Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat

Michael, Michael (2023) Pengaruh Pesan Kampanye Modus Penipuan Bank di Tiktok @Bankbca terhadap Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)

Abstract

Di Indonesia, peningkatan tingkat inklusi dan literasi keuangan di masyarakat tidak berjalan seimbang. Adanya sebuah jarak yang cukup jauh antara tingkat inklusi keuangan yang tinggi dengan literasi keuangan yang rendah, sangat membuka celah kesempatan bagi perilaku modus penipuan bank untuk melakukan aksinya. Para pelaku modus penipuan tersebut, mengatasnamakan pihak bank secara tidak bertanggung jawab. Bank BCA yang juga menjadi salah satu bank yang mengalami fenomena tersebut, melakukan sebuah kampanye yang menjadi salah satu pencegahan untuk menyampaikan pesan edukasi kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk literasi keuangan. Tujuan dari penelitian ini pada akhirnya ingin mengetahui, apakah ada pengaruh yang diberikan antara pesan kampanye #AwasModus yang disampaikan oleh BCA terhadap tingkat literasi keuangan masyarakat. Konsep yang digunakan dalam penelitian menggunakan konsep pesan kampanye dan literasi keuangan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif eksplanatif dengan menggunakan survei kuesioner kepada 201 responden. Dan hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel independen yaitu pesan kampanye memberikan pengaruh kepada variabel dependen yaitu literasi keuangan sebesar 33,1%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat adanya pengaruh antara pesan kampanye #AwasModus di Tiktok @bankbca terhadap literasi keuangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pesan Kampanye, Modus Penipuan, Literasi Keuangan
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:48
Last Modified: 23 Jun 2023 10:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item