Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus dan Rekomendasi Makanan Menggunakan Metode Certainty Factor

Tjiawi, Steven (2023) Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Diabetes Melitus dan Rekomendasi Makanan Menggunakan Metode Certainty Factor. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Pangan atau biasa disebut dengan pangan, merupakan kebutuhan pokok manusia. Dengan mengkonsumsi makanan, dapat membantu manusia untuk hidup. Kemudian WHO (World Health Organization) juga menyatakan bahwa makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia yang memerlukan pengelolaan agar makanan yang dikonsumsi dapat memberikan pengaruh yang baik bagi tubuh. Konsumsi snacks yang berlebihan dapat berdampak buruk bagi tubuh. berat badan karena mengkonsumsi makanan ringan secara berlebihan otomatis dapat meningkatkan kalori yang dikonsumsi, terutama snacks yang berasa manis atau mengandung banyak gula. Selain memengaruhi berat badan, mengonsumsi jajanan manis bisa menyebabkan diabetes. Hal ini terjadi karena dipicu, resistensi insulin yang dapat menyebabkan Diabetes. Negara Indonesia menempati urutan ke-7 dalam 10 negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di tahun 2019. Penderita diabetes harus menerapkan gaya hidup yang lebih sehat sebagai cara untuk mengobati penyakit ini. Berdasarkan uraian yang tertera di atas maka dibuatlah sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit Diabetes Mellitus dan rekomendasi makanan dengan menggunakan metode Certainty Factor berbasis web yang bertujuan untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendiagnosa gejala yang dialami terkait penyakit Diabetes Mellitus.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Certainty Factor, Diabets Melitus, USE Questionnaire, Rekomendasi Makanan, Sistem Pakar.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Jun 2023 09:46
Last Modified: 08 Aug 2023 08:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25528

Actions (login required)

View Item View Item