Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Self Diagnose Gangguan Mental pada Remaja

Wynnona Aileen Pranata, Nathania (2023) Perancangan Kampanye Sosial Pencegahan Self Diagnose Gangguan Mental pada Remaja. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (584kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Self diagnose gangguan mental merupakan sebuah fenomena yang mempopulerkan dunia psikologi ke masyarakat. Perilaku self diagnose dipopulerkan oleh remaja di sosial media dengan membagikan cuplikan video melukai diri sendiri, memotong rambut, dan coping mechanism lainnya dengan iringan musik sedih. Hal tersebut dilakukan remaja untuk menunjukkan bahwa dirinya mengidap suatu gangguan mental. Padahal hal tersebut berbahaya jika dilakukan karena dapat menimbulkan cemas yang berlebihan yang dapat mengganggu produktivitas dan depresi hingga penyalahgunaan obat untuk mengatasi depresi tersebut. Oleh karena itulah dilakukan perancangan kampanye sosial untuk mencegah self diagnose gangguan mental pada remaja agar remaja dapat melakukan langkah preventif. Dilakukan pengumpulan data dengan metode mixed methods, yaitu perpaduan metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan wawancara, penyebaran kuisioner, dan pembelajaran melalui beberapa studi. Digunakan strategi komunikasi AISAS untuk penyampaian kampanye, dan perancangan desain menggunakan Six Phase of the Project Process. Big idea dari perancangan ini adalah "bold and dramatic imagery guide for teenagers to live a mentally-healthy life" dengan tone of voice bold and dramatic. Hasil akhir dari perancangan ini adalah Exhibition yang bertujuan untuk mengajak target audiens berpartisipasi dalam menghindari self diagnose dan mengkonsultasikan masalah yang dialami pada ahli. Penulis berharap kampanye ini dapat mengedukasi remaja terkait self diagnose gangguan mental dan bahayanya serta mengajak mereka untuk mengkonsultasikan masalahnya kepada ahli daripada self diagnose.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Self diagnose, Kampanye, Sosial Media, Remaja
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Jun 2023 09:47
Last Modified: 20 Sep 2023 02:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25533

Actions (login required)

View Item View Item